Kanal

Setelah 1 Juni 2021, Google Lakukan Perubahan Penyimpanan

RUANGRIAU - Penyimpanan Google akan berfungsi secara berbeda tahun 2021. Berikut yang perlu Kamu ketahui tentang perubahan yang akan datang.

Setelah 1 Juni 2021, Google akan membuat beberapa perubahan pada kebijakan penyimpanan online-nya. Perubahan ini dapat sangat memengaruhi mereka yang menggunakan penyimpanan Google setiap hari, tetapi juga mereka yang tidak aktif.

Google menawarkan penyimpanan gratis 15 GB untuk semua orang yang memiliki Akun Google. Penyimpanan ini tersebar di Google Foto, Drive, Spreadsheet, Dokumen, Gmail, dan sebagainya. Sebagian besar perubahan ini memengaruhi kuota penyimpanan, jadi mari kita lihat bagaimana kebiasaan penyimpanan cloud Kamu mungkin berubah setelah peralihan.

Penyimpanan Google Sebelum Juni 2021

Jika Kamu tidak begitu memahami cara kerja penyimpanan Google saat ini, perubahan tersebut mungkin tidak terlalu masuk akal bagi Kamu. Jadi, mari kita bicara tentang status penyimpanan Google saat ini dan apa yang dapat membuat Kamu menghabiskan kuota penyimpanan Kamu.

Video dan foto berkualitas asli yang dicadangkan ke Google Foto, pesan Gmail, dan lampiran, bersama dengan folder Sampah dan Spam, dan sebagian besar file di Google Drive menggunakan kuota penyimpanan Kamu dan dapat menghabiskannya dengan cepat.

Jika ini terjadi, Kamu tidak dapat lagi mengunggah file atau gambar baru ke Google Drive. Kamu tidak akan dapat mengirim dan menerima email di Gmail, dan Kamu tidak akan dapat mencadangkan video dan foto kualitas asli ke Google Foto Kamu. Namun, Kamu tetap dapat mengakses Akun Google Kamu.

Semua ini berlaku untuk semua orang, hingga Juni 2021, setelah itu beberapa hal akan berubah.

Mengetahui perubahan ini dapat menyelamatkan Kamu dari banyak ketidaknyamanan, terutama jika Kamu cenderung sering menggunakan hak istimewa penyimpanan Google. Jika Kamu masih bingung untuk apa sebenarnya menggunakan ruang penyimpanan Kamu, Google telah memberikan penjelasan yang apik di halaman dukungan mereka.

Perubahan pada Penyimpanan Google Setelah Juni 2021

Semuanya bermuara pada kuota penyimpanan. Setelah Juni 2021, sifat file yang dihitung dari kuota penyimpanan Kamu sedikit berubah.

Misalnya, video dan foto berkualitas tinggi dan ekspres dicadangkan ke Google Foto, serta file yang dibuat atau diedit di aplikasi, seperti Google Slide, Gambar, Spreadsheet, Formulir, dan sebagainya. Ini semua akan dihitung dari penyimpanan yang dialokasikan untuk pengguna.

Dengan demikian, Kamu akan senang mengetahui bahwa ini hanya berlaku untuk file yang akan dibuat dan diedit setelah pembaruan. Google mengatakan bahwa hanya file yang Kamu buat atau edit setelah 1 Juni 2021 yang akan dihitung dari kuota Kamu; file yang Anda buat dan edit sebelum 1 Juni 2021, tidak akan dihitung dari kuota.

Bagaimana Ini Mempengaruhi Foto Google Kamu yang Ada?

Yang perlu Kamu ketahui adalah bahwa Foto Google Kamu akan baik-baik saja; Artinya, foto yang diunggah sebelum Google melakukan perubahan tidak akan dihitung dalam penyimpanan. Dengan demikian, Kamu tidak perlu khawatir untuk menghapusnya.

Namun, disarankan agar Kamu tetap berhati-hati dengan foto dan video yang diunggah setelah pembaruan karena, dengan aturan terbaru, mereka pasti akan mengisi ruang Akun Google Kamu dengan cukup cepat.

Sedangkan bagi yang memiliki akun Google One berbayar , tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jenis pembaruan ini tidak memengaruhi Kamu, karena Kamu membayar untuk mendapatkan hak penuh atas penyimpanan Google. Namun, jika Kamu memiliki Akun Google gratis, Kamu perlu mempelajari lebih lanjut tentang pembaruan di masa mendatang.

Bagaimana Jika Melebihi Kuota Penyimpanan?

Jika melebihi kuota, Kamu tidak dapat lagi mengunggah gambar atau file baru ke Google Drive. Kamu tidak akan dapat mencadangkan video atau foto apa pun ke Google Foto, dan kemampuan Kamu untuk mengirim dan menerima email melalui Gmail juga akan terpengaruh.

Selain itu, Kamu tidak akan dapat membuat file baru di aplikasi konten kolaboratif yang telah disebutkan di atas. Hingga Kamu benar-benar mengurangi unit penyimpanan Kamu, tidak ada yang akan diizinkan untuk mengedit atau menyalin file yang terpengaruh. Karena itu, Kamu masih dapat masuk dan mengakses semua file di akun Kamu.

Penghapusan Konten dari Akun Tidak Aktif

Jika akun Kamu tidak aktif selama lebih dari 24 bulan, Google akan menghapus konten Kamu dalam produk tempat Kamu sebelumnya tidak aktif. Ini termasuk Drive, Foto, dan Gmail. Misalnya, jika Kamu tidak menggunakan Google Foto di akun Anda selama lebih dari 24 bulan, kemungkinan besar Google akan menghapus konten tersebut dari Foto Google.

Sekali lagi, jika memiliki akun Google One, tidak perlu terlalu khawatir tentang ini. Kebijakan penggunaan tidak aktif yang baru tidak akan memengaruhi Kamu.

Bagaimanapun, Google akan memberi tahu Kamu sebelum data dihapus, karena Google tidak hanya akan menghapus data Kamu secara acak. Pertama, Kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email dan pemberitahuan dalam produk Google.

Kamu dapat mengharapkan Google mengirimkan peringatan setidaknya tiga bulan sebelum penghapusan. Dengan cara ini Kamu akan dapat menghindari penghapusan hanya dengan membayar untuk penyimpanan tambahan atau menghapus beberpa file Kamu. Kamu juga dapat mengunduh konten Kamu, jika Kamu tidak ingin menghapus apa pun.

Jika tidak ingin file Kamu dihapus karena tidak aktif, yang harus Kamu lakukan adalah tetap aktif. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengunjungi produk Kamu secara berkala. Aktivitas dianggap oleh akun, dan bukan perangkat, selama Kamu masuk ke akun Kamu dan mengunjungi Gmail, Google Foto, dan Google Drive, Kamu akan dianggap aktif.

Rencanakan Sebelumnya karena Pembaruan Google akan Memengaruhi Kuota Penyimpanan Kamu

Mari kita rangkum efek pengumuman pada kuota Google Drive Kamu setelah 1 Juni 2021.

Perubahan hanya mempengaruhi file yang diunggah setelah pembaruan.

Pengguna dengan akun Google One tidak akan terpengaruh oleh pembaruan.

Semua file di akun Google Foto, Drive, dan Gmail yang tidak aktif akan dihapus setelah 24 bulan dengan peringatan.

Jika Kamu adalah pengguna berat ruang Google Drive Kamu, maka ada cukup waktu untuk merencanakan ke depan. Memindahkan file Kamu yang lebih besar dan foto resolusi penuh ke ruang penyimpanan lain mungkin merupakan ide yang bagus. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER