Kanal

NOKIA Nyerah Bikin Ponsel Mahal

JAKARTA (RUANGRIAU.COM) - Produsen teknologi lawas, Nokia tampak menyerah mengembangkan ponsel tipe flagship. Hal ini terlihat di Mobile World Congress (MWC) 2022 yang digelar beberapa waktu lalu saat Nokia tak memamerkan ponsel flagship terbaru.

Nokia 9 PureView merupakan ponsel flagship terakhir yang diluncurkan Nokia pada 2019. Ponsel itu mendapat banyak perhatian konsumen karena menyematkan lima pengaturan kamera di punggungnya.

Namun HMD Global, perusahaan yang menaungi Nokia, mengalami kemunduran lantaran sejumlah alasan, di antaranya kekurangan pasokan chip.

Nokia juga memiliki masalah internal termasuk upgrade software yang tertunda atau dibatalkan, dan ponsel dianggap tidak dapat menandingi persaingan spesifikasi dan harga.

Hingga kini, Nokia 9 PureView belum dilanjutkan ke seri terbaru, padahal sudah lebih dari 2 tahun diluncurkan. HMD Global bahkan mengumumkan beberapa waktu lalu mereka tidak ada rencana mengumumkan ponsel premium dalam waktu dekat.

Adam Ferguson, Kepala Pemasaran Produk di HMD Global, terang-terangan mengatakan kepada Android Authority, 'Membuat ponsel seharga US$800 (sekitar Rp11,4 juta) tidak masuk akal bagi kami saat ini'.

Alih-alih meluncurkan ponsel flagship, HMD fokus pada ponsel berfitur entry-level dan mid-range. Setahun setelah peluncurannya, Nokia mengirimkan lebih dari 25 juta ponsel.

Namun, jumlah pengiriman itu menghadapi penurunan yang hingga akhir kuartal kedua 2020, sebelum mulai meningkat pada kuartal III, menurut laporan Nokia Mob.

Saat ini, HMD Global mengatakan strategi terbarunya yaitu meluncurkan produk terjangkau yang tahan lama dan perhatian lebih pada daya tahan baterai yang luar biasa.

Smartphone baru Nokia kini dikategorikan dalam seri C, G, dan X, meskipun ada juga seri T yang menyertakan tablet Nokia T20, dikutip dari Screen Rant.

Merek ini juga berfokus pada pasar AS, di mana tidak ada persaingan nyata dari merek China. Melihat strategi baru ini berhasil, dapat dimengerti mengapa Nokia tidak memiliki flagship atau smarphone kelas menengah atas baru untuk dirilis.

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER