Kanal

Ayah Jorge Lorenzo Sebut Rossi Pebalap Curang

JAKARTA - Ayah Jorge Lorenzo, Cicho, menuding Valentino Rossi sebagai pebalap curang. Apa dasar tuduhan tersebut.
Sepanjang karierya, Rossi, yang kini berusia 41 tahun berulang kali menjalani persaingan dan perseteruan dengan rider lain. Yang mungkin masih terekam jelas dalam ingatan pencinta MotoGP tentu saja rivalitasnya dengan Marc Marquez.

Cicho menurutkan, di saat jayanya dulu, Rossi pernah memenangi balapan dengan cara kotor. Itu terjadi di Jerez 2005. 'Korbannya' adalah Sete Gibernau.

"Sete Gibernau merupakan yang pertama yang merasakan tindakan kotor di trek, dia membuatnya keluar lintasan, lalu terus mengganggunya di podium," ujar Cicho dikutip dari Motosan.es.

Momen lain yang diingat Cicho adalah persaingan The Doctor dengan Max Biaggi, yang sosoknya sangat dikenal pencinta MotoGP di era awal 2000-an. Perseteruan sesama pebalap Italia ini memanas dan dibumbui banyak cerita. Pada balapan di GP Jepang pada musim 2001, Rossi kedapatan mengacungkan jari tengah ke Biaggi. Ini dipicu karena sebelumnya Biaggi menyikut Rossi hingga keluar lintasan.

Puncak dari perseteruan Biaggi dan Rossi terjadi pada GP Catalunya masih pada musim yang sama. Mereka terlibat perang mulut dan dikabarkan sampai berujung adu jotos.

Rivalitas Rossi dan Biaggi ini berlangsung hingga musim 2005. Dengan Rossi selalu menjadi juara di akhir musim. Biaggi kemudian memutuskan pindah haluan ke Superbike tanpa sekalipun merasakan gelar MotoGP.

"Dengan Biaggi, dia nyaris berkelahi. Rossi selalu melakukan strategi yang sama," ujar Chicho.

Duel paling panas terjadi antara Rossi dengan Stoner di Laguna Seca tahun 2008. Keduanya berulang kali saling susul untuk memperebutkan posisi terdepan. Dalam sebuah momen Stoner melebar dan masuk ke gravel. Meski akhirnya bisa kembali ke lintasan, rider asal Australia itu tak bisa mendekati Rossi dan harus puas finis kedua. (***)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER