Kanal

20 Rumah Terbakar, Bocah Lima Tahun Tewas

RUANGRIAU.COM - Sebanyak 20 pintu rumah yang dihuni karyawan Plasma PT Jatim Jaya Perkasa (JJP) ludes terbakar, Sabtu (28/11) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Kebakaran terjadi di Abdiling I dan II di wilayah RT 11, RW 05, Kepenghuluan Sungai Majo, Kecamatan Kubu Babussalam (Kuba), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Dalam hitungan menit, kobaran api dengan cepat melalap bangunan rumah yang terbuat dari bahan baku kayu dan dinding triplek penyekat antar satu rumah ke rumah karyawan lainnya.

Akibat kebakaran ini, satu orang dikabarkan tewas terpanggang dalam kobaran api. Jasad korban ditemukan setelah kobaran api berhasil dipadamkan petugas. Sementara kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta rupaih.

Belum diketahui penyebab kebakaran. Namun dugaan sementara, api berasal dari korsleting arus pendek listrik. 

GM PT JPP melalui Menager Kebun Plasma PT Jatim, Supendi mengatakan, kebakaran pertama kali diketahui petugas keamanan perusahaan yang sedang melakukan patroli.

''Rumah karyawan yang terbakar ada 20 pintu, kurang lebih 10 menit semua rumah rata dengan tanah. Pemadaman kurang lebih satu jam baru api padam,'' kata Supendi, Ahad (29/11) di lokasi kebkaran.

Diterangkan Supendi, rumah yang terbakar sebanyak 20 pintu yang dihuni 20 kepala keluarga (KK) karyawan kebun Plasma PT Jatim. Api dengan cepat melalap bangunan rumah yang terbuat dari bahan baku matrial kayu.

''Korban meninggal bernama Askin Kurniawan Lase (lima tahun) anak karyawan, jasad korban ditemukan pada malam hari itu juga setelah api dapat dipadamkan,'' ungkap Supendi.

Diurakan Supendi, korban kebakaran sudah dilakukan pendataan. Kemudian saat ini perusahaan sedang mendirikan posko tempat penampungan sementara untuk korban. Lalu menyediakan akomodasi makanan karyawan.

''Kita sedang mengurus untuk mengajukan percepatan pembangunan rumah (barak baru) kepada pimpinan. Sementara rumah yang kosong, ada satu karyawan yang sudah menempati rumah kosong itu di sekitar lokasi kebakaran,'' ujarnya. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER