Tanda-tanda Kehamilan yang Perlu Mom Ketahui

Rabu, 07 April 2021

Ilustrasi kehamilan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/mkitina4

RUANGRIAU - Ada beberapa tanda pasti kehamilan yang perlu Mom ketahui. Silahkan Mom baca penjelasannya:

1. Amenorrhea
Amenorrhea adalah tidak keluarnya darah haid sesuai siklusnya. Walaupun bukan tanda spesifik karena berhubungan dengan penyakit gangguan kandungan seperti sindrom polikistik ovarium, hiperprolaktin, dan penggunaan kontrasepsi.

Namun hal ini merupakan tanda awal Mom telah mengalami kehamilan yang memerlukan pemeriksaan selanjutnya. Adapun syarat bahwa amenorrhea ini merupakan tanda kehamilan adalah menstruasi yang teratur sebelumnya dan tidak menggunakan kontrasepsi hormonal.

2. Spotting
Spotting atau flek-flek merupakan tanda kehamilan. Hal ini terjadi karena embrio yang baru terbentuk menempel di dinding rahim atau implantasi. Proses ini terjadi sekitar pada minggu ke-4 kehamilan.

3. Tes kehamilan positif
Tes kehamilan merupakan tes hormon hCG pada urin. Hormon ini merupakan hormon yang dihasilkan oleh plasenta di awal minggu kehidupan supaya secara tidak langsung mempertahankan janin dalam rahim. Sebanyak 98% hasil positif menandakan kehamilan sisanya merupakan kelainan atau penyakit pada organ reproduksi.

4. Morning Sickness/Mual muntah
Mual muntah terutama di pagi hari merupakan tanda kehamilan. Sekitar 80% ibu hamil mengalami mual muntah di trimester awal karena perubahan hormon. Hal ini mencapai puncaknya saat delapan minggu kehamilan dan mulai mereda 14 - 16 minggu kehamilan.

5. Payudara terasa kencang
Perubahan hormon pada kehamilan yakni estrogen dan progesterone yang terjadi dapat membuat payudara kencang. Seperti kita tahu perubahan hormon diperlukan untuk mempertahankan kehamilan.

6. Perubahan warna pada areolar
Areolar berubah warna menjadi hitam pada kehamilan. Terdapat pembesaran areolar juga selama kehamilan. Hal ini disebabkan peningkatan hormone estrogen dan progesterone selama kehamilan yang mempengaruhi organ tersebut.

7. Terdapat linea nigra
Merupakan garis hitam yang melintang dari pusar hingga tulang kemaluan. Hal ini berhubungan dengan peningkatan hormon progesterone selama kehamilan. Garis ini akan menghilang setelah bayi lahir.

8. Spider teleangiectasis
Spider teleangiectasis dapat muncul karena sirkulasi hormon estrogen. Selain pada kehamilan, spider teleangiectasis dapat muncul pada penggunaan kontrasepsi oral dan penyakit sirosis hepar atau radang pada hati.

9. Terdengar bunyi jantung janin
Bunyi jantung janin merupakan tanda pasti kehamilan Bunda berkembang dengan baik. Hal ini bisa terdengar dari pemeriksaan ultrasonografi yang canggih pada usia kehamilan 8 minggu. Atau hal ini dapat terdengar melalui stetoskop laenec pada usia kehamilan 16 minggu.

10. Gerak janin
Gerak janin terasa saat usia kehamilan 16 minggu pada 80% ibu hamil dan meningkat seiring usia kehamilan. Dan, akhirnya semua ibu hamil akan merasakan gerak janin pada usia kehamilan 20 minggu.

11. Terdapat kantong gestasi
Kantong hamil merupakan tanda pasti kehamilan yang terdeteksi melalui USG. USG transvaginal usia kehamilan 5 minggu dapat mendeteksi kantong gestasi. Setelah itu USG melalui transabdominal pada usia kehamilan di atas 6 minggu dapat mendeteksi kantong hamil. (*)