Ingat Ya! Meski Sudah Divaksin, Harus Tetap Disiplin Prokes

Selasa, 18 Mei 2021

Plt Kepala Dinas Kesehatan Rohil H Ahmad Yusuf SSos MH.

BAGANSIAPIAPI (RUANGRIAU) - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) telah merealisasikan sebanyak 15.000 lebih dosis vaksin Covid-19 kepada penerima yang telah ditetapkan pemerintah.

 Untuk ke depannya, penyuntikan vaksin tersebut akan diprioritaskan kepada tenaga pendidikan menjelang diberlakukannya proses belajar mengajar secara tatap muka.

“Tidak lama lagi rencananya proses belajar tatap muka akan diterapkan, makanya vaksin akan kita prioritaskan untuk para guru,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Rohil H Ahmad Yusuf SSos MH.

Ahmad Yusuf mengatakan, saat ini pihaknya sudah menerima sebanyak 27.000 dosis vaksin Covid-19. Namun jumlah vaksin yang sudah disuntik baru sekitar 15.000-an lebih dosis vaksin.

Ahmad Yusuf menerangkan, mereka yang sudah menerima suntikan vaksin di antaranya adalah para petugas kesehatan, pejabat publik hingga lansia sesuai kriteria yang telah ditetapkan pemerintah.

“Maka dari itu ke depannya yang kita prioritaskan adalah para tenaga pendidikan,” ujarnya.

Terhadap mereka yang sudah divaksin, Kadiskes Ahmad Yusuf mengingatkan agar tidak lengah dan tetap senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) sebagai upaya mencegah terjadinya penularan Covid-19.

"Dengan tak bosan-bosannya kami mengharapkan masyarakat agar tetap taat menerapkan prokes, termasuk bagi yang sudah menjalani vaksinasi. Meski sudah divaksinasi tetap harus disiplin prokes agar terhindar dari penularan Covid-19," kata Ahmad Yusuf.

Terkait angka kasus aktif Covid-19 di Rokan Hilir (Rohil) saat ini, menurut Ahmad Yusuf, mengalami penurunan, namun tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan jumlah kasus yang ada dalam satu pekan sebelumnya.

Ahmad Yusuf yang juga Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Rohil menerangkan, jumlah kasus positif saat ini tercatat sebanyak 117 orang. Dengan rincian, sebanyak 115 orang melakukan isolasi mandiri dan sisanya (dua orang) menjalani perawatan intensif di fasilitas kesehatan (faskes), yaitu di RSUD Arifin Ahmad dan di RS Syafira, Pekanbaru.

"Sementara sampai saat ini untuk jumlah total kasus positif Covid-19 di Rohil telah menembus angka 1.977 orang, dengan tingkat kesembuhan sebanyak 1.814 orang, dan meninggal dunia sebanyak 46 orang. Selain itu suspect 22 orang, dan probable tiga orang," kata Ahmad Yusuf.

Ditambahkan, untuk total Pelaku Perjalanan (PP) tercatat sebanyak 31.170 orang, jumlah kontak erat sebanyak 5.332 orang. (*)