Mau Lolos CPNS, Yuk Baca Tips-tips Berikut Ini

Ahad, 23 Mei 2021

Ilustrasi

JAKARTA (RUANGRIAU) - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 sudah dibuka. Selain menyiapkan pengetahuan dan fisik, kamu yang mengikuti seleksi juga harus mempersiapkan mental, nih.

Bukan tanpa alasan, mengikuti seleksi CPNS butuh persiapan yang matang karena pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Karena itu, Kamu butuh persiapan yang matang.

Agar Kamu bisa fokus dan dapat mengikuti tes CPNS dengan mantap, ada beberapa tips yang bisa Kamu ikuti, nih. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tipsnya.


1. Buat jadwal belajar
Mengikuti tes CPNS bukan berarti Kamu harus belajar dengan keras dan tanpa henti. Jangan sampai karena terlalu giat belajar, Kamu jadi melupakan kewajiban yang harusnya dilakukan.

Kamu bisa buat jadwal belajar dan mengatur jam yang tepat untuk mulai belajar, nih. Membuat jadwal belajar merupakan salah satu cara yang efektif lho.

2. Berlatih soal-soal CPNS
Selama belajar, tentunya Kamu harus melatih pengetahuan dengan prediksi soal-soal yang mungkin akan keluar saat ujian nanti, ya. Tenang. Mencari contoh soal CPNS mudah, lho.

Dengan perkembangan zaman dan internet, kini Kamu bisa dengan mudah mendownload contoh soal-soal CPNS, nih. Selain itu, Kamu juga bisa mendownload langsung buku kumpulan soal agar lebih menghemat waktu.

3. Mengetahui tahapan seleksi
Selain belajar dengan giat, Bunda juga perlu mengetahui tahapan-tahapan seleksi CPNS, nih. Kalau Kamu mengenali tahapan-tahapan ujian, tentu proses belajar jadi lebih efektif ya.

Selain itu, jangan sampai Kamu terlewat update informasi seleksi CPNS ya. Apalagi sampai tidak tahu kapan seleksi dimulai dan berakhir.


4. Jangan datang terlambat
Saat hari ujian tiba, jangan sampai Kamu datang terlambat dan waktu ujian terbuang sia-sia, Bunda. Kalau sekiranya Kamu belum tahu di mana tempat seleksi dilaksanakan, sebaiknya Kamu melakukan survei lokasi sehari sebelum ujian.

Setelah Kamu memasuki ruangan, terlebih dahulu akan dilakukan verifikasi data, latihan pre-test CAT, dan penyampaian petunjuk teknis ujian, Bunda. Karena itu, sebaiknya Kamu menanyakan hal-hal yang sekiranya belum Bunda pahami agar tak kebingungan di tengah ujian, ya.

5. Lengkapi dokumen
Sebelum melakukan tes, Kamu harus pastikan dokumen-dokumen yang diperlukan sudah lengkap nih. Jangan sampai saat hari ujian tiba, Kamu baru menyadari ada dokumen yang tertinggal atau kurang.

Kelengkapan dokumen adalah syarat wajib yang harus dipenuhi saat seleksi awal administrasi. Oleh sebab itu, periksa kembali dan lengkapi semua dokumen untuk persyaratan CPNS.

6. Fokus dan percaya diri
Percaya diri adalah hal yang penting selama menjalani tes CPNS. Kalau Kamu merasa percaya diri, otomatis Kamu akan optimis dan memikirkan apapun tanpa emosi sehingga bisa menjawab soal dengan lancar.

Jangan sampai terpengaruh dengan hasil kerja orang lain ya. Sebelum meninggalkan ruangan, teliti kembali jawaban yang Bunda pilih dan maksimalkan penggunaan waktu, ya.

7. Berdoa
Berdoa adalah salah satu hal wajib yang perlu Kamu lakukan saat akan melakukan seleksi CPNS, nih. Dengan berdoa, Kamu menjadi lebih siap untuk menghadapi ujian.

Berdoa bisa memberikan Kamu kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan berbagai macam bentuk ujian. Hal penting lainnya adalah jangan nervous dan tetap tenang. (*)