Hari ini, Rapat Pembentukan Panitia Penabalan Kesultanan Siak Sri Indrapura XIII 'Sultan Tengku Nazir'

Sabtu, 12 Februari 2022

https://youtu.be/izH33z_FNK4

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) -  Dalam rangka menyukseskan acara Penabalan Kesultanan Siak Sri Indrapura. Sabtu (12/2/2022) dilaksanakan pembentukan susunan panitia acara, yang di inisiasi oleh  Lembaga Adat Kesultanan Siak Sri Indrapura dan Pasukan Dewan Adat (PADAN) Provinsi Riau.

Dalam acara tersebut dihadiri langsung Pewaris Kesultanan Siak XIII Indrapura Sultan Tengku Nazir, Ketua Padan Provinsi Riau Datuk Khairuddin Al-Young Riau, serta tokoh tokoh penting Lembaga Adat Kesultanan Siak Indrapura.

Ketua Padan Provinsi Riau Datuk Khairuddin Al Young Riau, menyampaikan tujuan acara ini membangkitkan batang terendam, yang mana dalam sejarah Kerajaan Siak Sri Indrapura, berperan penting untuk Kemerdekaan Republik Indonesia.

Datuk Khairuddin Al Young Riau, menambahkan dengan penabalan ini nantinya Kesultanan Siak Sri Indrapura diakui Negara dan Pemerintah Indonesia.

" Karena fakta sejarah Sultan Siak Ke-XII Sultan Syarif Kasim II dikenal sebagai Penasehat Presiden Soekarno yang memberikan 13 juta gulden dan hibah lainnya guna mendukung usaha Kemerdekaan Indonesia, " ungkap Datuk Khairuddin Al-Young Riau ini.

Pewaris Kesultanan Siak XIII Indrapura Sultan Tengku Nazir,  mengatakan jika dirinya sudah selesai ditambalkan akan menyusun struktur kesultanan sama seperti tempo dulu.

" Dulu kan ada Datuk 50, tentu nanti juga akan ada keturunannya menggisi posisi itu. Itu harus keturunan, biar enggak ada masalah. Lalu saya juga akan langsung menjalankan adat budaya Kesultanan Siak yang selama ini sudah vakum. Pada dasarnya, adat melayu harus punya raja. Kalau tidak, adat melayu tak akan jalan," terangnya.

Lanjutnya lagi, jika sudah ditabalkan akan  menjalankan struktur kesultanan, dan akan memperjuangkan hak hak kerajaan Kesultanan Siak Srindrapura melalui pemerintah pusat dan pemerintah daerah di Riau.

" Jadi hak hak para Datuk 50, harus diperjuangkan. Karena mereka memiliki wilayah , ucapnya.

Untuk diketahui acara saat ini masih berlangsung dengan melaksanakan Pemilihan Ketua Pelaksana Penabalan Kesultanan Siak Sri Indrapura dan susunan pengurus , untuk kesukses jalannya acara nantinya.