Majukan Produk Lokal, Sekdaprov Riau : Kepala Desa Tergabung di DPD PAPDESI Riau Diminta Mendata UMKM di Desa

Rabu, 30 Maret 2022

Majukan Produk Lokal, Sekdaprov Riau : Kepala Desa Tergabung di DPD PAPDESI Riau Diminta Mendata UMKM di Desa

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau  SF Hariyanto mengharapkan  peranan dari Kepala Desa yang tergabung di DPD PAPDESI Riau. Hal ini terkait dalam mencintai produk dalam negeri sesuai perintah Presiden RI Joko Widodo.

" Kepala Desa mempunyai peranan penting saat ini dalam meningkat usaha masyarakat desanya. Untuk itu usai dari acara ini turun kelapangan mendata kegiatan usaha masyarakat, " ujarnya SF Hariyanto, yang mewakili Gubernur Riau dalam acara Pelantikan DPD PAPDESI Riau, Selasa malam (29/3/2022) di Hotel Pangeran Pekanbaru.

SF Harianto menyebutkan, pendatan produk lokal milik masyarakat ini mulai dari usaha makanan sampai kerajinan yang ada di Desa. Tujuanya agar bisa di usaha kegiatan masyarakat ini dapat di jual di E- Katalog.

" Jadi nantinya usaha milik masyarakat itu akan didaftarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), " ungkapnya.

Sekdaprov Riau, menyampaikan nantinya produk produk lokal dalam negeri akan didaftarkan E-Katalog.

" Masyarakat bisa langsung membelinya dan tidak perlu lagi ke Ritel. Karena semua barang yang diperlukan sudah ada baik dari makanan sampai kerajinan milik masyarakat, " bebernya.

Untuk membankitkan Ekonomi masyarakat dan peputaran uang sampai ke Desa. Jadi Kepala Desa menjadi sosok penting dalam kesukses Program Presiden RI.

" Jika ingin Desanya maju dan masyarakat sejahtera. Para Kepala Desa harus mendorong UMKM masyarakat lebih baik, " pesannya.