Ini Yang Disampaikan Pewaris Kesultanan Siak XIII Indrapura, Dalam Halal Bihalal Padan Riau

Kamis, 12 Mei 2022

https://youtu.be/9qqvscfWuRs

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM)- Pewaris Kesultanan Siak XIII Indrapura Sultan Syarif Assayidis Tengku Nazir mengatakan,  jika dirinya sudah selesai ditabalkan akan menyusun struktur kesultanan sama seperti tempo dulu.

" Jika sudah ditabalkan saya akan menjalankan struktur kesultanan dan memperjuangkan hak hak kerajaan Kesultanan Siak Srindrapura melalui pemerintah pusat dan pemerintah daerah di Riau, " sebutnya saat didampingi Batin Tenayan Datuk Ujang Linun dan Datuk Panglima Mukhtar keturunan Datuk Limapuluh,  saat acara halal bihalal dikantor PADAN Riau dan DPP LSM Peduli SDM Riau, Rabu (11/5/2022).

Alhamdulillah kata Sultan Tengku Nazir, dengan melalui Padan (Pasukan Dewan Adat) Provinsi Riau yang dipimpin Datuk Khairuddin Al Young Riau ini  dirinya sangat terbantu betul. Sehingga menemukan 5 perangkat pewaris Datuk, mulai Datuk Limapuluh, Datuk Tanah Datar, Datuk Pesisir, Datuk Kampar, dan Datuk Laksamana Raja Di Laut, dapat bertemu.

" Saya dengan Batin Sakai, batin gasib, batin lainnya, hari ini senang hati saya bertemu pula dengan batin Tenayan Pekanbaru.   Pertemuan ini diacara Halal Bihalal yang dilaksanakan PADAN Riau dan DPP LSM Peduli SDM Riau ini, " sebutnya lagi.

Kemudian Pewaris Kesultanan Siak XIII Indrapura, menyampaikan bahwa dirinya insha Allah dalam minggu ini akan laksanakan Penabalan.

" Saya sebagai Sultan Siak Ke-XIII,  mohon doa dan restu semuanya, juga kepada Ketua LN PKRI Pusat di Jakarta melalui Datuk Panglima PADAN Riau kita ini. Inilah masa nya batang terendam itu bangkit dan melayu Riau, Siak khususnya bangkit kembali sebagaimana yang telah ditorehkan kejayaan Kesultanan Siak pada tempo lalu," terangnya.

Untuk diketahui Dalam acara tersebut dihadiri langsung Wakil Panglima Padan Provinsi Riau Datuk Ridwan Latief, Unsur Batin Tenayan Pekanbaru Datuk M Ujang Linun, Datuk Panglima Mukhtar Rupat Utara unsur IKB KD50 KSSI, tokoh penting Lembaga Adat Kesultanan Siak Indrapura, serta tokoh adat, tokoh pemuda dan unsur mahasiswa Riau.