Hutan Lindung Bukit Batabuah Terus dijarah Para Pelaku Ilegal Loging

Rabu, 22 Juni 2022

Ilustrasi Ilegal Loging

KUANSING (RUANGRIAU.COM) -Hutan lindung bukit batabuah tepatnya berada di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuansing, saat ini mulai dijarah oleh pelaku illegal loging berinisial PR.

Informasi yang diterima ruangriau.com dari salah seorang masyarakat setempat yang enggan disebutkan namanya mengatakan hampir setiap hari kayu-kayu hasil Pembalakan liar  keluar dari lokasi hutan lindung bukit batabuah. Setidaknya ada dua mobil setiap harinya yang hilir mudik mengangkut kayu hasil jarahan.

" Hutan lindung bukit batabuah saat ini sudah dijarah oleh pelaku illegal loging berinisial PR, Mereka dengan leluasanya mengambil kayu-kayu yang berada di hutan lindung bukit batabuah.
Setiap hari paling kurang dua mobil kayu-kayu hasil Pembalakan liar keluar. Kalau hutan ini tidak diselamatkan bisa habis hutan lindung bukit batabuah,'' kata sumber tersebut kemarin Malam.

Ia pun mengatakan sangat disayang kan kalau praktek penebangan liar di hutan lindung tersebut terus di biarkan karena akan merusak ekosistem yang ada di hutan tersebut.

" Ini sudah sangat keterlaluan, jika terus dibiarkan bukan hutan saja yang akan habis, ekosistem didalamnya pun akan punah. Kita sangat berharap kepada aparat penegak hukum untuk menindak semua pelaku penebangan hutan lindung ini,'' harapnya.

Berdasarkan dari keterangan narasumber tersebut Ruangriau.com mencoba konfirmasi PR melalui telpon selulernya,
Alhasil, PR membenarkan dirinya telah melakukan penebangan di hutan lindung bukit batabuah.

" Ya, Saya yang bekerja disana tapi baru dua hari kami buka karena tidak ada lahan lagi.Siapa yang memberikan informasi kepada kalian kasih tahu lah saya biar nanti saya panggil dia, saya kasih dia bulanan,'' ungkapnya PR beberapa waktu lalu.

Namun fakta di lapangan berbeda dengan apa yang disampaikan masyarakat sekitar,sampai saat ini masih saja keluar dari lokasi tersebut.

" Sampai saat ini masih saja keluar kayu-kayu dari dalam lokasi tersebut bang,jangan percaya dengan dia bang,PR itu pembohong, "tutupnya.