Pj Walikota Komit Tuntaskan Perbaikan Ruas Jalan Rusak

Rabu, 07 September 2022

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun.

PEKANBARU - Tepat di tanggal 23 Mei 2022 Muflihun secara resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru oleh Gubernur Riau Syamsuar. Usai dilantik, Muflihun bertekad untuk menyelesaikan beberapa program kerja prioritas.

Ada tiga program prioritas dari Gubernur Riau Drs H Syamsuar M.Si yang harus diselesaikan Pj Walikota yakni menyelesaikan persoalan banjir, sampah dan jalan berlubang. Dan kini, 100 hari telah berlalu. Pj Walikota berhasil menyelesaikan target-target yang sudah dipasangnya di masa 100 hari kerjanya.

"Alhamdulillah di 100 hari kerja, saya bisa memberikan bukti. Dari tiga program prioritas, semua sudah ada peningkatan dibandingkan dengan sebelumnya," ujar Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun Rabu (7/9/2022).

Ia mengatakan untuk jalan berlubang, dari target yang sudah dipasang di awal menjabat semuanya tercapai.

"Target kita itu kan kita bisa memperbaiki 91 ruas jalan di 100 hari kerja. Alhamdulillah dari target tersebut hingga saat ini kita sudah menyelesaikan sekitar 93 persennya. Kemudian juga untuk titik banjir juga sudah ada kurang lebih 91 persen tercapai dari target yang kita beri," jelasnya.

Dijelaskan Muflihun, jalan di Kota Pekanbaru ini jumlahnya sekitar 1277 Kilo, namun itu tak semua jalan kota, ada jalan provinsi dan ada juga jalan nasional. "Jadi yang kita benahi ini jalan kota. Hari ini target yang kita pasang rata-rata sudah hampir 100 persen," ungkapnya.

Lanjut Muflihun, dirinya memang berkomitmen menuntaskan perbaikan ruas jalan rusak. Ia menegaskan bahwa menyebut bahwa perbaikan jalan rusak termasuk prioritas pembenahan infrastuktur pada tahun 2023 depan.

Muflihun mengaku pemerintah kota sudah menganggarkan anggaran untuk memperbaiki ruas jalan rusak di wilayah Kota Pekanbaru.

Muflihun menyebut untuk APBD murni tahun 2023 masih tahap pengusulan KUA PPAS ke DPRD Kota Pekanbaru. Usulan itu termasuk anggaran untuk memperbaiki ruas jalan rusak.

"Sudah kita anggarkan, kita sudah usulkan KUA PPAS ke DPRD," jelasnya.

Dirinya mengaku sudah berjanji kepada masyarakat untuk membenahi ruas jalan berlubang dan rusak. Ia menyadari perbaikan yang dilakukan nanti belum bisa membenahi seratus persen ruas jalan rusak.

"Kita juga sudah langsung turun ke lapangan untuk melakukan peninjauan jalan-jalan rusak. Ada beberapa titik yang sudah kita datangi. Ada waktu itu kita meninjau di ruas Jalan Harmonis, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Kemudian juga kita meninjau perbaikan di Jalan Delima dan lain sebagainya," sebutnya.

"Kita mendorong camat dan lurah untuk inventarisir ruas jalan rusak," imbuhnya.

PUPR Terus Kejar Target

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru terus menggesa perbaikan jalan yang ada di Kota Pekanbaru. Apalagi memang PUPR telah menargetkan di masa 100 kerja hari Pj Walikota, pihaknya mampu menyelesaikan 91 ruas jalan rusak yang ada di wilayah setempat.

"Kalau untuk target tersebut sekarang memang masih dihitung," ujar Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi, Kamis (25/8/2022) lalu.

Ia mengatakan dua bulan setelah Pj Walikota menjabat, target tersebut sudah mencapai 70 persen ke atas.

"Tapi itu di bulan kedua kemarin. Sekarang ini staf di lapangan sedang melakukan penghitungan. Sedang dihitung di lapangan ditabulasi persennya," cakapnya.

Namun kemungkinan hingga saat ini sudah 100 persen.

"Kita memang sudah menargetkan di 100 hari kerja Pj Walikota untuk menyelesaikan 91 ruas jalan rusak yang ada di Pekanbaru. Perbaikan jalan ini mulai dari tambal sulam dan juga penanganan banjir. Sekarang masih dihitung," sebutnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, menargetkan perbaikan sebanyak 91 titik jalan rusak dalam jangka waktu 100 hari kerja Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP.

Saat ini di Kota Pekanbaru terdapat sebanyak 1.946 ruas jalan, dengan 24 persen di antaranya dalam kondisi rusak.

Terbatasnya ketersediaan anggaran tidak memungkinkan bagi Dinas PUPR untuk melakukan perbaikan jalan dalam jumlah yang banyak. Maksimal hanya 4 persen (dari total jalan rusak) sampai akhir tahun anggaran yang bisa diperbaiki.

Sebagaimana diketahui Pj Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP memiliki tiga tugas prioritas yang berupaya dituntaskan selama menjabat. Diantara penanganan banjir dan sampah, serta memperbaiki jalan rusak. (adv)