Kecamatan Rumbai Juara 1 Lomba Mendongeng Tingkat Kota Pekanbaru

Kamis, 08 September 2022

Kecamatan Rumbai Juara I Lomba Mendongeng tingkat Pekanbaru.

PEKANBARU (RUANGRIAU) – Kecamatan Rumbai berhasil meraih juara 1 lomba mendongeng tingkat Kota Pekanbaru. Lomba ini merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian acara Jambore Tim Penggerak PKK yang diselenggarakan di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Rabu (7/9/2022).

Sesuai hasil penilaian yang dilakukan oleh tim juri dari 15 peserta perwakilan kecamatan se-Kota Pekanbaru, pemenang lomba mendongeng adalah sebagai berikut, Juara I Kecamatan Rumbai, Juara II Kecamatan Lima Puluh dan Juara III Kecamatan Rumbai Timur

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Nelfiyonna mengatakan, lomba mendongeng bertujuan untuk menumbuhkan kembali kemauan orangtua untuk mendongeng bagi anak-anaknya.

“Dengan harapan dapat menanamkan kepedulian dan melestarikan khazanah cerita nusantara, terutama Pekanbaru,” ujarnya.

Menurut Nelfiyonna, perkembangan teknologi informasi yang semakin maju membuat keberadaan dongeng kian memudar dari kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, adanya lomba mendongeng yang digelar oleh berbagai pihak inipun diharapkan dapat membangkitkan minat baca anak sekaligus memperkenalkan budaya kepada generasi muda.

“Dongeng tidak hanya menarik, tetapi memiliki pesan yang berguna untuk kehidupan dan masa depan,” sambungnya.

Adapun Dewan Juri dalam lomba ini, terdiri atas Dra. Herayulwita, M.Si (Dipersip Provinsi Riau), Reni Prasetyawati, S.Pi, M.Si (Dispusip Kota Pekanbaru) dan Evelyne Tanugraha (Komunitas Kita Dongeng). Sedabgkan aspek-aspek yang dinilai di dalam Lomba Mendongeng, antara lain kreativitas, ekspresi, vokal, penampilan, dan isi dongeng. (*)