Gelar Orientasi Kepramukaan, Kwarcab Pekanbaru Dorong Gugus Depan Lebih Giat

Rabu, 09 November 2022

PEKANBARU (RUANGRIAU) - Kegiatan Kepramukaan di Indonesia sudah menjadi salah satu kurikulum wajib di Pendidikan. Pasalnya, kegiatan ini terbukti mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sesuai cita-cita bangsa. Meski begitu, dukungan dari semua pihak paling penting guna terwujudnya Pramuka dan generasi emas. Guna menyatukan visi misi tersebut, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru mengelar Kursus Orientasi (KO) Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan se Kota Pekanbaru di Ballroom Hotel Arya Duta Pekanbaru, Selasa (8/11/2022).

Dibuka langsung oleh Ketua Kwarcab Pekanbaru, Kak Masykur dan disaksikan Ketua Kwarda Riau Kak Kasiaruddin, 100 an Kepala Sekolah tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA hingga perwakilan Perguruan tinggi mengikuti giat dental seksama kegiatan tersebut. Hadir juga Kepala Kemenag Kota Pekanbaru  Syahrul Mauludi, Perwakilan Disdik Riau, Perwakilan BPKAD Kota Pekanbaru.  Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Pekanbaru Masykur menjelaskan KO ini diharapkan dapat membuat seluruh Kepala Sekolah memahami dan mendukung semua kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan ditingkat gugus depan, ranting hingga cabang.

‘’Sekolah itu adalah investasi untuk peserta didik, dan Pramuka salah satu investasi itu. KO ini prinsipnya bagaimana Gugus Depan dibawah kepemimpinan Kepala Sekolah dapat mendukung kegiatan Kepramukaan di Gugus Depan teritama terkait penganggran,’’ pesannya.

Terkait dengan penganggaran yang baik, benar dan aman, digelar diskusi dua arah sari peserta KO kepada narasumber. Diantaranya dari  Disdik Riau, Disdik Kota Pekanbaru, BPKAD Kota Pekanbaru dan UPT Pendidikan. Sementara itu, Ketua Kwarda Riau Kasiaruddin dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan KO yang dilaksanakan Kwarcab Kota Pekanbaru. 

‘’Kegiatan seperti ini patut diapresiasi. Dengan KO ini, bagaimana kita menyatukan tujuan, visi misi terkait memajukan gerakan Pramuka di Kota Pekanbaru. Jadi mereka (Kepala Sekolah, red) memahami tata cara mendukung peserta didik maupun orang dewasa ber-Pramuka,’’ harapnya.*