Pj Wali Kota Bahas Dua Proyek SPAM dengan Petinggi PT PP

Kamis, 17 November 2022

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, membahas dua proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan petinggi PT Pembangunan Perumahan (PP) di ruangan kerjanya, Rabu (16/11/2022). Hal lain yang dibahas adalah peran serta Pemko Pekanbaru membangun Jaringan Distribusi Layanan (JDL) agar air bisa disambungkan ke rumah warga.

"Pj wali kota mengadakan pertemuan dengan PDAM Tirta Siak, PT PP Tirta Madani, dan PT PP Tirta Riau. Dua perusahaan PP ini merupakan pengelola air bersih di Pekanbaru," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution usai rapat tersebut, Rabu (16/11/2022).

Dijelaskannya, PT PP Tirta Riau mengelola SPAM Pekanbaru-Kampar. Perusahaan ini sedang membangun SPAM dengan kapasitas 1.000 liter per detik.

"Aliran air bersih 30 persen ke Kabupaten Kampar (Kecamatan Siak Hulu dan Tambang). Sedangkan 70 persen aliran air ke wilayah Pekanbaru," umar Indra Pomi.

Sementara itu, PT PP Tirta Madani mengelola SPAM Pekanbaru. Perusahaan ini akan mengalirkan air dengan kapasitas 250 liter per detik. Kapasitas aliran air akan ditingkatkan menjadi 750 liter per detik.

"Jadi, petinggi PT PP ini menyampaikan bahwa kami perlu mengantisipasi ketersediaan sambungan rumah (SR). Mereka juga meminta kami menyiapkan Jaringan Distribusi Layanan (JDL) agar bisa disambungkan ke rumah warga," katanya. (*)