Ahli Harvard Ungkap 6 Cara Bahagia Dalam Hidup

Ahad, 19 Februari 2023

Ilustrasi Bahagia (Pixabay)

RUANGRIAU - Ada ungkapan uang tak bisa membeli kebahagiaan. Tim peneliti dari Harvard berusaha mengungkapkan kunci utama untuk bisa selalu bahagia selain harta.

Tim peneliti melakukan penelitian dan pengamatan panjang dalam 85 tahun atau sejak 1938. Mereka mencari jawaban faktor apa yang membuat manusia bahagia dalam hidupnya.

Mereka juga mengumpulkan catatan kesehatan dari 724 peserta. Para subyek penelitian diminta menjawab pertanyaan soal kehidupan mereka dalam dua tahun.

Hasilnya bahagia bukan berasal dari harta maupun karier bagus. Namun hubungan yang positif membuat manusia lebih bahagia, sehat dan hidup lebih lama.

Robert Waldinger dan March Shulz dari Harvard Study of Adult Development menjelaskan kunci hubungan yang positif adalah melakukan kebugaran sosial.

Kebugaran sosial sendiri merupakan keaktifan manusia untuk membangun hubungan positif sesama manusia lain. Untuk mencapainya butuh penilaian dan kejujuran diri kita sendiri dan orang lain.

"Jadi, untuk memastikan hubungan sehat dan seimbang, penting untuk mempraktikkan "kebugaran sosial"," kata keduanya dikutip dari CNBC Make It, Minggu (19/2/2023).

Cara Membangun Hubungan Positif

Ada enam cara untuk membangun hubungan positif. Berikut penjelasannya, dikutip laman Mental Health Foundation:

1. Kenali diri sendiri dengan mengetahui apa yang disukai dan dibenci. Dengan cara ini membantu kita mencari target interaksi dan membuat batasan pada pembicaraan.

2. Sering berkomunikasi dengan orang lain dan fokus pada orang yang dituju. Ingat hubungan sehat tidak ditemukan, namun dibangun dengan waktu lama.

3. Pasang batasan dalam komunikasi, dengan begitu tidak akan menyinggung perasaan diri sendiri dan orang lain. Cara tersebut dapat membuat kita lebih mengapresiasi subyek komunikasi.

4. Jadi pendengar dan pembicara yang baik. Pada dasarnya, perbedaan pendapat dalam hubungan tidak masalah, namun penting untuk mengetahui bagaimana individu berbicara dan mendengarkan satu sama lain.

5. Bersikap santai setelah berkomunikasi dan jangan pusing atau stress setelah melakukan kesalahan. Jika itu terjadi, segeralah meminta maaf.

6. Terakhir, renungkan dan pelajari apa yang sudah terjadi. Dengan merenung kita bisa mengetahui kelebihan, kekurangan dan kesalahan dalam komunikasi diri kita dan lawan bicara serta menjalin hubungan lebih baik.

Jadi jangan takut lagi berkenalan dengan orang baru. Ingat juga, tidak ada kata terlambat untuk memperdalam dan membangun hubungan positif. (*)