Mom, 11 Tanaman Pengusir Serangga Ini Bisa Ditanam Sendiri di Rumah

Sabtu, 25 Februari 2023

11 Tanaman Pengusir Serangga, Bisa Ditanam Sendiri di Rumah/Foto: iStock

RUANGRIAU - Mom, 11 tanaman pengusir serangga bisa ditanam sendiri di rumah.

Ada kalanya kehadiran serangga sangat mengganggu kenyamanan di rumah. Belum lagi kemungkinan membawa berbagai penyakit, seperti parasit plasomodium yang menyebabkan malaria atau dengue penyebab demam berdarah dengue (DBD), malaria, chikungunya, serta filariasis (kaki gajah).

Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh serangga perlu diwaspadai oleh Mom guna melindungi keluarga yang berada di rumah. Terlebih lagi, Si Kecil yang tubuhnya masih rentan terserang suatu penyakit karena masih belum memiliki antibodi yang kuat.

Maka dari itu, tanaman pengusir serangga mungkin bisa jadi salah satunya.Tanaman-tanaman yang memiliki aroma khas dan menyengat sangat tidak disukai oleh serangga. Memilih tanaman sebagai pengusir serangga juga langkah alami yang aman dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya. 

11 Tanaman Pengusir Serangga

Dilansir eatingwell, pilihan tanaman yang bisa Mom rawat di rumah sebagai penghias dan pengusir serangga. 

1. Lavender

Tanaman lavender memiliki wangi yang tidak disukai oleh serangga, terutama nyamuk. Dengan begitu, Mom bisa mengusir serangga dengan menebarkan wangi yang berasal dari minyak atsiri pada daun tanaman lavender.

Tanaman ini sangat kuat dan tahan lama hanya saja dibutuhkan sinar matahari dan drainase yang baik. Selain itu, tanaman ini juga bisa bertahan di banyak iklim dan tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa minyak esensial lavender dapat mengusir serangga selama enam hingga delapan jam. 

2. Marigold

Unsur insektisida yang dimiliki oleh tanaman marigold adalah senyawa yang mampu mengusir beberapa jenis serangga, Mom. Aroma dari bunga marigold ini yang bisa membantu untuk serangga pergi. Selain itu, bunga ini juga dapat mengusir serangga yang memangsa tanaman tomat.

3. Rosemary

Selain sering dijadikan bumbu masakan, tanaman rosemary yang memiliki aroma kayu mampu mengusir serangga lho, Mom. Menurut New York Botanical Garden (NYBG), tanaman marigold ini mampu mengusir berbagai serangga, diantaranya nyamuk, kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang kacang meksiko dan lainnya. 

4. Basil 

Aroma kuat yang dimiliki basil ternyata punya kemampuan yang baik untuk mengusir serangga. Aroma yang menyengat tersebut bisa membuat hama tidak tahan.

Dalam merawat tanaman basil, Mom harus menjaga kelembapannya, memperhatikan drainase yang baik, serta menyiapkan tempat dengan banyak sinar matahari. 

5. Mint

Tanaman mint juga menjadi salah satu tanaman yang tidak disukai oleh serangga. Tanaman ini memiliki aroma mentol yang mampu mengusir dan mengendalikan berbagai serangga.

Jika Mom menanam daun mint di rumah, terdapat berbagai manfaat yang bisa Mom dapatkan, diantaranya mengusir nyamuk, sebagai penghias rumah, dan sebagai pelengkap minuman. 

6. Serai

Kandungan sitronela yang terdapat dalam serai dapat mengusir serangga, lho .om. Karena aroma tanaman serai ini kuat, dengan begitu serangga tidak menyukainya. Selain dapat mengusir serangga, serai juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. 

7. Allium

Tanaman hias allium termasuk ke dalam jenis umbi-umbian yang tidak disukai serangga, khususnya nyamuk. Tanaman ini sama halnya dengan bawang putih dan bawang bombai yang mengeluarkan aroma kuat. 

8. Geranium

Aroma kuat yang dimiliki tanaman geranium mampu mengusir berbagai serangga. Geranium memiliki bentuk bunga yang indah dan beraneka warna sehingga cocok untuk dekorasi rumah. 

9. Catnip

Tanaman catnip termasuk tanaman yang mudah ditanam, begitu juga dengan perawatannya. Sebuah penelitian di lowa State University menemukan, catnip ternyata sepuluh kali lebih efektif daripada bahan kimia yang digunakan untuk mengusir serangga. 

10. Lemon balm

Lemon balm tak hanya tanaman hias pengusir serangga tapi juga tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat, Mom. Lemon balm memiliki bunga putih dan aroma lemon yang lembut serta beberapa manfaat untuk menyembuhkan penyakit. Serangga memang tak menyukai aroma citrus yang menyengat, Mom.

Mom juga bisa pakai wewangian beraroma citrus di rumah. Seperti misal, pakai pewangi lantai wangi jeruk atau lemon.

11. Ageratum

Tanaman ini mengandung senyawa kumarin, yaitu bahan kimia alami pengusir serangga yang beracun. Ageratum atau floss flower merupakan tanaman hias yang memiliki bunga cantik keunguan dengan serat putih yang mengelilinginya. 

Demikian deretan tanaman pengusir serangga yang bisa Mom coba sebagai cara alami menghilangkan makhluk kecil ini di rumah. Semoga berhasil dan rumahnya jadi lebih nyaman, ya! (*)