BPJN Riau Mempercepat Perbaiki Jalan Nasional Pekanbaru - Sumbar

Rabu, 01 Maret 2023

Saat ini pekerjaan perbaikan jalan yang kita laksanakan sedang difokuskan daerah perbatasan Riau – Sumatera Barat, tepatnya di Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar. Karena lokasi ini sering terjad

RUANGRIAU.COM - Semakin dekatnya Bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri Tahun 2023, Kementrian PUPR, melalui Direktorat Jendral Bina Marga Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Riau, melakukan percepatan perbaikan kerusakan Jalan  Nasional Pekanbaru - Sumatera Barat (Sumbar). Selain itu perbaikan ini juga untuk menjaga keselamatan berlalulintas terhadap masyarakat di Jalan Raya Pekanbaru- Bangkinang.

Kepala BPJN Riau Yuliansyah yang didampingi PPK Syamsurizal , menyampaikan perbaikan jalan berlubang sedang kita laksanakan agar tidak terjadi kecelakaan khususnya untuk pengguna roda dua. "Kerusakan jalan ini pihaknya mendapat laporan masyarakat, karena ada ruas jalan di Kampar rusak dan dikuatirkan bisa menimbulkan kecelakaan," jelasnya, Rabu (1/3/2023).

Saat ini pekerjaan perbaikan jalan yang kita laksanakan sedang difokuskan daerah perbatasan Riau – Sumatera Barat, tepatnya di Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar. Karena lokasi ini sering terjadi kelongsoran dan Kecamatan Salo.

“Untuk jalan lintas Riau - Sumatera Barat menjadi perhatian khusus bagi kita, karena lokasi sering terjadi longsor. Selain itu ada pelebaran jalan dengan melakukan pengecoran bahu jalan di Jalan perbatasan  Riau- Sumbar,“ jelasnya kembali.

Lanjut Syamsurizal, meskipun fokus kegiatan di berapa titik peting XII Koto Kampar dan Salo, BPJN juga melakukan perbaikan jalan berlubang di beberapa titik. Seperti salah satunya di Kecamatan Kampar yang terdapat lubang-lubang yang membahayakan pengguna roda dua.

“Untuk saat lokasi sudah diperbaiki dan sudah aman untuk dilintasi penggunan roda dua," ungkapnya.

Selain itu, Syamsurizal juga mengatakan, untuk mengenai kerusakan jalan nasional ini jika kelongsoran BPJN juga sudah mempersiapkan alat di lokasi terdekat. Supaya timnya akan segera merespon dengan cepat. Namun jika alat tidak ada di lokasi terdekat masyarakat, pihaknya akan lakukan kerjasama sama dengan Pemeritah Daerah setempat yang memiliki alat berat.

"Karena itu tanggungjawab kami demi kelancaran masyarakat dan menghindari kecelakaan," terangnya.

"Kami juga sangat berharap laporan dari masyarakat dapat memberitahukan jika ada kerusakan jalan nasional. Karena kami sebagai manusia punya keterbatasan untuk melakukan pemantauan. Untuk itu  jika ada masyarakat yang mau membantu kami, dalam memberitahukan jika ada kerusakan ruas jalan nasional, kami sangat berterimakasih," ungkapnya.

Syamsurizal juga berpesan agar jalan nasional ini dapat dirawat dan dijaga dengan baik, supaya dapat bertahan . Karena itu partisipasi pemerintah setempat sangat diharapkan dalam merawatnya. "Meski ini tanggungjawab kami, tetapi pemerintah setempat punya kewajiban menjaga juga," ucapnya.