Mom Cari Jenis Diet yang Cocok? Diet Ala Manusia Purba Ini Bisa Ditiru

Sabtu, 04 Maret 2023

RUANGRIAU.COM - Mom sedang mencari jenis diet yang sekiranya cocok untuk membantu menurunkan berat badan? Diet ala manusia purba ini bisa ditiru.

Namanya diet paleo yang meniru pola makan manusia purba. Diet ini dirancang untuk menyerupai pola makan manusia purba yang hidup selama era paleolitikum. Metode diet ini berfokus untuk menghindari asupan gula dan kalori, Mom. 

Dengan begitu, jika Mom ingin menurunkan berat badan atau bahkan hanya sekadar mempertahankan berat badan ideal saja, Mom bisa mengikuti pola makan dari jenis diet paleo. Tak hanya menurunkan berat badan Mom, diet paleo juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lho. 


Nah, Mom penasaran seperti apa panduan untuk menjalankan diet ala manusia purba? Simak pengertian serta apa saja manfaat diet paleo di bawah ini ya, Mom. 

Apa Itu Diet Paleo?

Dilansir Mayo Clinic, diet paleo adalah jenis diet dengan pola makan yang mirip selama era paleolitikum atau sekitar 2,5 juta tahun hingga 10.000 tahun yang lalu. Sebab itu, diet paleo dikenal dengan sebutan diet ala manusia purba. 

Diet ini mencakup makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jenis makanan itu dimakan oleh manusia purba dengan cara berburu. 

Hanya beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi, karena saat era paleolitikum, manusia purba tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Hal ini akan membuat asupan energi berkurang, sehingga diharapkan akan menurunkan berat badan. 

Manfaat Diet Paleo

Sebelum menjalankan diet paleo, pahami manfaat dari diet ini terlebih dahulu yang dilansir dari The Global Diabetes Community.  

1. Penurunan berat badan

Diet paleo cenderung mengonsumsi makanan rendah karbohidrat. Diet ini dapat membantu mengurangi lemak tubuh yang bisa menurunkan berat badan. 

Pada tahun 2014, diet paleo menunjukkan efek menguntungkan terkait massa lemak, obesitas perut, dan kadar trigliserida pada wanita pascamenopause yang obesitas. 

2. Peningkatan sensitivitas insulin

Penelitian telah menunjukkan diet paleo dapat menurunkan sekresi insulin dan karena itu meningkatkan efektivitas insulin. Hal ini mengurangi resistensi insulin, kekuatan pendorong diabetes tipe 2, dan memungkinkan untuk mengurangi jumlah obat yang dibutuhkan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian melaporkan diet paleo dapat memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Ini sangat berguna bagi penderita diabetes karena penyakit jantung adalah salah satu komplikasi terkait diabetes yang paling umum.

4. Peradangan yang lebih rendah

Terlalu banyak peradangan dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe 2. Namun, dengan mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan GI rendah terutama asam lemak omega-3 ternyata dapat melindungi dari peradangan berlebih.

Menu Diet Paleo dalam Seminggu

Agar tidak bingung dalam memilih menu makanan, dilansir Healthline, berikut menu makan diet paleo selama seminggu. 

1. Senin

Sarapan: 1 potong buah, telur dan sayuran yang digoreng dengan minyak zaitun
Makan siang: salad ayam dengan minyak zaitun dan seporsi kacang
Makan malam: sayuran, burger tanpa roti digoreng dengan mentega

2. Selasa

Sarapan: bacon, telur, 1 potong buah
Makan siang: burger sisa dari malam sebelumnya
Makan malam: salmon panggang dengan sayuran

3. Rabu

Sarapan: sisa salmon dan sayuran dari malam sebelumnya
Makan siang: sandwich berisi selada, daging, dan sayuran segar
Makan malam: tumis daging giling dengan sayuran

4. Kamis

Sarapan: 1 potong buah
Makan siang: tumis sisa malam sebelumnya, seporsi kacang
Makan malam: ayam goreng, sayuran

5. Jumat

Sarapan: telur dan sayuran yang digoreng dengan minyak zaitun, 1 potong buah
Makan siang: salad ayam dengan minyak zaitun, seporsi kacang
Makan malam: steak, sayuran, ubi jalar

6. Sabtu

Sarapan: bacon, telur, 1 potong buah
Makan siang: sisa steak dan sayuran dari malam sebelumnya
Makan malam: nila panggang, sayuran, alpukat

7. Minggu

Sarapan: sisa salmon dan sayuran dari malam sebelumnya
Makan siang: sandwich dengan isi daun selada, daging, dan sayuran segar
Makan malam: sayap ayam panggang dan sayuran. (*)