Sah Jadi Tuan Rumah Porwil XI, Kadispora Kumpulkan KONI se-Riau

Senin, 06 Maret 2023

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, Boby Rachmat.

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Provinsi Riau dipastikan jadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Tahun 2023 pada bulan November mendatang. Sebab, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menerima Surat Keputusan (SK) penetapan tuan rumah Porwil dari KONI Pusat.

"Kalau kemarin kita belum terima legalitasnya. Tetapi saat ini kan sudah ada SK dari KONI Pusat," ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau Boby Rachmat di Pekanbaru, Senin (6/3/2023).

Boby mengaku akan segera mengumpulkan seluruh jajaran KONI se-Provinsi Riau untuk melakukan diskusi terkait persiapan serta pembahasan SK Penetapan jadi tuan rumah Porwil yang telah diterima.

"Dalam waktu dekat kita panggil pihak KONI Riau berdiskusi apa tindak lanjut setelah adanya SK tersebut. Intinya kita mendukung Porwil dilaksanakan di Riau," katanya.

Boby menambahkan, terkait pengajuan anggaran Porwil XI sebesar Rp23 miliar oleh KONI Riau, itu akan didiskusikan lagi dengan KONI Riau, apakah nanti anggarannya Rp23 miliar turun atau bisa bertambah. "Nanti akan kita diskusikan dengan KONI Riau," tuturnya.

Ketua Umum KONI Riau Iskandar Hoesin sebelumnya menyampaikan, jika untuk jadi tuan rumah Porwil Sumatera XI 2023 ini, ia juga sudah melakukan pembahasan dengan KONI Pusat. Baik terkait persiapan sampai terkait cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan.

“Selain itu, Ketum KONI Pusat sebelumnya juga sudah turun ke Riau, maka itu beliau segera menetapkan dan mengeluarkan SK penetapan pelaksanaan di Riau,” katanya.

Terkait Cabor, sesuai pembahasan sebelumnya Cabor yang akan dipertandingkan berjumlah sebanyak delapan Cabor yang telah dipastikan ikut. Delapan Cabor tersebut adalah atletik, renang, bola voli, sepaktakraw, sepakbola, panjat tebing, catur, dan pencak silat.

“Kemungkinan Cabor ini akan ada untuk tambahan, ini sesuai dengan jumlah Cabor yang biasa dipertandingkan di Porwil biasanya. Dan itu akan pada rapar teknis ke depanny,” ucapnya. (*)