PT Jatimjaya Perkasa Komitmen Bersinergi dengan Pemerintah dan Masyarakat Cegah Karhutla

Selasa, 07 Maret 2023

GM PT JJP Parlin S Panjaitan, Camat Pekaitan Mawardi, Humas PT JJP Romaito Hasibuan, mengambil momen foto bersama dengan peserta sosialisasi gabungan penanganan Karhutla.

KUBA (RUANGRIAU.COM) - PT Jatimjaya Perkasa (JJP) melakukan sosialisasi pencegahan dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan latihan gabungan (Latgab) penanggulangan Karhutla, Selasa (7/3/2023) di lapangan sport center PT Jatimjaya Perkasa.

Selain melakukan pencegahan, juga sekaligus dilakukan simulasi pemadaman kebakaran lahan yang melibatkan Damkar PT Jatimjaya Perkasa dan Masyarakat Peduli Api (MPA) dari berbagai desa.

Sosialisasi penanggulangan kebakaran lahan ini melibatkan stakeholder di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Hadir camat Pekaitan, perwakilan Kasatpol PP Rohil sebagai instruktur kegiatan sosialisasi dan Latgab 2023 JJP, Kasub Sektor Pekaitan Iptu Faisal Rusli, Danramil 04 Kubu Kapten Inf Khairul Anwar, sejumlah Babinsa, Bhabinkamtibmas dan para datuk penghulu di Kecamatan Pekaitan.

Sementara, dari Perusahan PT Jatimjaya Perkasa dihadiri, GM PT JJP Parlin S Panjaitan, Humas (SSL) PT Jatimjaya Perkasa Romaito Hasibuan, para manager dan para asisten dan staff di lingkup management perusahaan.

General Manager (GM) PT Jatimjaya Perkasa Parlin S Panjaitan mengatakan, mengatakan perusahan berkomitmen  menjalankan kebijakan manajemen, di antaranya tidak ada pembakaran yang disengaja di perkebunan yang dikelola, bersinergi dengan para stakeholder dan berperan aktif menjaga lingkungan. Kegiatan ini merupakan upaya sinergitas perusahaan dengan para pihak dalam rangka antisipasi bahaya Karhutla secara berkelanjutan.

"PT Jatimjaya Perkasa berkomitmen untuk bersinergi dengan stakeholder, pemerintah, khususnya Pemkab Rohil serta masyarakat sekitar dalam mencegah terjadinya kebakaran lahan dan berperan aktif menjaga lingkungan, baik itu lingkungan perusahaan maupun areal masyarakat sekitar," ujarnya.

Diuraikan Parlin, kegiatan sosialisasi dan Latgab yang dilakukan perusahaan merupakan bentuk sinergitas dengan berbagai pihak dalam rangka mengantisipasi kebakaran lahan yang biasa terjadi dimusim kemarau setiap tahun.

"Kita juga berkomitmen mencegah areal perkebunan PT Jatimjaya Perkasa dan areal perbatasan kebun dari Karhutla, perusahan juga melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat dampak dari kebakaran lahan. Sehingga, tumbuh kesadaran masyarakat bagaimana untuk menjaga dan mencegah terjadi kebakaran lahan," harapnya.

Masih kata Parlin, selain kegiatan sosialisasi dampak Karhutla, juga dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama, dan latihan gabungan simulasi penanganan kebakaran. Hal ini bentuk keseriusan PT Jatimjaya Perkasa dalam mengantisipasi kebakaran lahan.

"Latihan gabungan merupakan kegiatan yang terintegrasi dengan program CSR perusahaan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tim Karhutla masyarakat sekitar dan tim damkar perusahaan dalam rangka perlindungan baik di wilayah konsesi perusahaan dan areal sekitarnya," ucapnya.

Sementara itu, Camat Pekaitan Mawardi SPd, mengapresiasi dan menyambut baik niat prusahan PT Jatimjaya Perkasa yang telah ikut andil membantu pemerintah dalam upaya pencegahan kebakaran lahan di Kabupaten Rokan Hilir.

"Di Rokan Hilir setiap tahun mengalami dua musim, pertama musim banjir dan musim kemarau. Saat musim kemarau sering terjadi kebakaran, sementara musim penghujan sering kebanjiran. Nah, ini sangat luar biasa kepedulian perusahaan PT Jatimjaya Perkasa dalam upaya penanggunalan kebakaran lahan," ujar Camat.

"Semoga dengan adanya sosialisasi gabungan dan simulasi pemadaman kebakaran menambah wawasan kita semua, dalam mencegah bencana kebakaran lahan di tahun 2023," tambah Mawardi. (*)