Jangan Sampai Suara Pemilih Pemula Dimanfaatkan Oknum tak Bertanggung Jawab!

Jumat, 10 Maret 2023

Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Syofaizal foto bersama pada acara sosialisasi Pendidikan, Etika, dan Budaya Politik bagi pemilih pemula, di SMK Negeri 2 Pekanbaru, Jumat (10/3/2023).

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) -
Pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang, tercatat ada 11.600 lebih pemilih pemula yang memiliki hak suara di Kota Pekanbaru. Pemilih pemula ini diharapkan dapat mengerti dan memahami arti Pemilu, sehingga dapat bersikap dalam menyalurkan hak suara mereka.

"Karena suara mereka bermanfaat, jangan sampai suara mereka dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab," tegas Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Syofaizal.

Penegasan itu disampaikannya ketika melakukan sosialisasi Pendidikan, Etika, dan Budaya Politik bagi pemilih pemula, di SMK Negeri 2 Pekanbaru, Jumat (10/3/2023).

"Kita merasa perlu mengingatkan memberikan pendidikan politik kepada anak-anak kita ini, kenapa mereka mesti ikut Pemilu. Kalau seandainya dia nanti tidak mengerti sehingga tidak ada keinginan untuk datang ke TPS,"  ujar Syofaizal.

Syofaizal mengungkapkan, dari 700.000 lebih daftar pemilih di Pekanbaru, 11.000 lebih di antaranya merupakan pemilih pemula yang memiliki potensi dalam partisipasi Pemilu serentak di 2024 nanti.

Menurutnya, sikap berbanding dengan kepentingan. Apabila dia tidak memiliki kepentingan maka dia tidak akan bersikap.

Oleh karena itu, Syofaizal menilai perlunya pemilih pemula ini untuk diberikan pendidikan dan menyampaikan pentingnya Pemilu.

"Maka secara gamblang disampaikan oleh narasumber kenapa mesti hadir di TPS nanti, dan siapa yang mereka pilih," katanya. (rls)