Afrizal: Kami Yakin Kebutuhan Beras di Rohil Terpenuhi

Rabu, 15 Maret 2023

Bupati Rohil Afrizal Sintong mendampingi Gubri Syamsuar panen raya padi nusantara satu juta hektar di klaster Rimba Melintang Riau Bertani yang berada di Kepenghuluan Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melin

RIMBAMELINTANG (RUAGRIAU.COM) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar panen raya padi nusantara satu juta hektar di klaster Rimba Melintang Riau Bertani yang berada di Kepenghuluan Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Rabu (15/3/2023).

Kehadiran Gubri beserta rombongan pada acara panen raya padi bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tri Mukti Jaya ini disambut dengan seni Pencak Silat oleh siswa SMKN 1 Rimba Melintang.

Saat memberikan sambutan, Gubri mengingatkan masyarakat maupun kelompok tani agar tidak menjual hasil panennya ke luar daerah agar kebutuhan beras di Rokan Hilir (Rohil) bisa terpenuhi.

"Penuhi dulu untuk kebutuhan masyarakatkan Rokan Hilir. Sebab, kalau kita jual ke luar dan kita beli lagi mahal harganya," kata Syamsuar.

"Kalau berlebih, baru kita jual di daerah tetangga, seperti Dumai," tambahnya.

Syamsuar menjelaskan bahwa kebutuhan pangan, terutama beras belum mencukupi untuk kabupaten dan kota yang ada di Riau. "Maka dari itu, hasil panen ini kita distribusi ke daerah yang ada di Riau yang belum panen atau kekurangan beras," ujarnya.

Selain meningkatkan produksi beras, Gubri juga mengajak masyarakat untuk menanam cabai, mengingat dalam waktu dekat memasuki bulan suci Ramadan, maka produksi cabai perlu ditingkatkan.

"Saya berharap disamping meningkatkan produksi beras juga ditingkatkan hasil sayur-sayuran, cabai, bawang dan lain sebagainya. Mari dicoba di daerah kita ini," pintanya.

Berdasarkan informasi kegiatan panen raya padi nusantara satu juta hektar di klaster Rimba Melintang Riau Bertani ini memproduksi padi dalam satu hektarnya menghasilkan delapan ton.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Muhammad Nur mengatakan bahwa panen padi ini menurutnya sesuatu yang sangat menggembirakan. Karena nantinya akan berdampak pada ketersediaan beras di masyarakat, sehingga inflasi dapat terkendali dengan baik.

"Mungkin kita banyak mendatangkan beras dari beberapa daerah lain, tetapi dengan ada upaya yang panen raya padi ini membuat kita optimis pada saatnya nanti ketergantungan kita bisa berkurang," pungkasnya.

Sementara, Bupati Rohil Afrizal Sintong juga mengapresiasi panen raya ini, karena hasil panen petani bagus serta petaninya yang profesional.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para petani dan kelompok tani yang ada di Rimba Melintang ini. Kami yakin kebutuhan beras di Kabupaten Rokan Hilir bisa terpenuhi," pungkasnya.

Pada saat panen raya padi nusantara satu juta hektar Gubri juga menyerahkan bantuan untuk para petani, di antaranya pupuk NPK, pupuk organik, dolomit, pupuk hayati, herbisida, benih durian dan tiga traktor. (*)