Jelang Ramadan, Bupati Inhu Pastikan Ketersediaan Sembako dan LPG

Kamis, 16 Maret 2023

INHU (RUANGRIAU.COM) - Guna memastikan ketersediaan bahan sembako dan gas LPG di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tidak berkekurangan dan harga tidak melonjak karena momen bulan  Ramadan, Bupati Inhu melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar.

Sidak dilakukan ke Pasar Soegih Belilas, Kecamatan Siberida, Kamis (16/3/2023) setelah membuka operasi pasar murah di Desa Titian Resak, Siberida.

Dalam Sidak itu, Bupati Inhu Rezita menanyakan kondisi harga, ketersediaan dan asal bahan pokok yang dijual pedagang. Lalu beberapa pedagang mengaku bahan pokok, seperti cabai, bawang dan lain-lain masih didatangkan dari Provinsi Sumatera Barat yang stoknya masih cukup. Sedangkan sayur segar, pedangang dapatkan dari petani lokal.

Selain ketersediaan dan harga bahan pokok, kebersihan dan ketertiban pedagang pasar turut menjadi perhatian. "Alhamdulillah, kondisi pasar sudah cukup bersih dan tertib, namun ke depannya akan ditingkatkan lagi demi kenyamanan pedagang dan pengunjung pasar," ucal Rezita.

Pada kesempatan sama, Bupati meninjau pelaksanaan Sidang Tera/ Tera Ulang Alat Ukur Timbangan Pedagang yang digelar oleh Disperindag Inhu.

Sidang Tera dilakukan untuk menguji kembali secara berkala terhadap Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) dan yang dipakai dalam perdagangan.

Bahkan untuk ketersediaan gas LPG, Bupati kembali melakukan peninjauan ketersediaan gas elpiji di Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) di jalan Lintas Timur, disambut langsung Manager SPPBE, Sugeng Winarno.

Kepada Bupati, Sugeng mengaku pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyediakan stok gas elpiji selama bulan suci Ramadan dan Idulfitri mengingat tingkat konsumsi gas elpiji selama Ramadhan dan lebaran meningkat.

Di akhir peninjauan, Rezita juga menyempatkan diri meninjau langsung proses pengisian Bahan Bakar Elpiji.

Ketika Sidak, Bupati Inhu Rezita didampingi unsur Forkopimda, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Paino, Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Inhu, Ergusfian, Camat Seberida, Agusrianto dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhu. (*)