Tim Asistensi Penanganan Karhutla Mabes Polri Sambangi Polres Inhil

Kamis, 16 Maret 2023

Tim Asistensi Penanganan Karhutla Mabes Polri sambangi Mapolres Inhil.

TEMBILAHAN (RUANGRIAU.COM) - Dalam rangka asistensi dan supervisi penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) di wilayah hukum Polres Indragiri Hilir (Inhil), tim Markas Besar (Mabes) Polri sambangi Mapolres Inhil di Tembilahan, Kamis (16/3/2023).

Tim asistensi dan supervisi dari Mabes Polri tersebut dipimpin Direktur Pamobvit Korsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol Suhendri SH SIK didampingi Kabag Anev Robinopsnal Baharkam Kombes Pol Edison SH MH, Anjak Madya Korsbrimob Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto SIK, Karo Ops Polda Riau Kombes Pol. R Kasero Manggolo SIK MH MSi dan Kasubbagbangsisops Bagjiansis Rojianstra Sops AKBP Muji Windi Harto SIK SH MM.

Kegiatan tersebut diikuti langsung Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK, Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya SIK, Dandim 0314/Inhil Diwakili oleh Pasipers Letda Arm. Muchazzar, Kajari Inhil Nova Fuspitasari SH MH, pihak Pengadilan Negeri Tembilahan Hakim M Alif Akbar Prawira Negara SH, Kabag Ops Polres Inhil Kompol Rizki Hidayat SE SIK MH, para Pejabat Utama Polres Inhil, para anggota Basarnas, anggota BPBD, dan Masyarakat Peduli Api Inhil.

Pada kesempatan tersebut, tim Supervisi Mabes Polri didampingi Kapolres Inhil, Kapolres Inhu beserta Forkopimda Inhil terlebih dahulu melaksanakan pengecekan kesiapan sarana prasarana tentang penanganan Karhutla di wilayah Kabupaten Inhil.

Kapolres Inhil AKBP Norhayat kepada tim dari Mabes Polri memaparkan tentang prediksi kerawanan Karhutla, analisa penyebab terjadinya Karhutla, data wilayah rawan Karhutla, sebaran titik hotspot, data luasan lahan terbakar akibat Karhutla hingga langkah-langkah yang telah dan akan dilaksanakan Polres Inhil bersama stakeholder terkait dalam penanganan Karhutla.

Sedangkan ketua tim Asistensi dan Supervisi Karhutla Brigjen Pol Suhendri berharap sarana dan prasarana yang tersedia dapat menunjang dan membantu Personel di lapangan dalam penanganan Karhutla.

"Kepada seluruh personel Polri serta seluruh instansi terkait untuk selalu memantau sebaran hotspot yang ada pada aplikasi Dashboard Lancang Kuning guna percepatan penanganan jika ada titik api di wilayah Inhil ini," pinta Suhendri.

Ia kembali mengingatkan, kasus Karhutla adalah salah satu atensi dari pimpinan, sehingga setianya semua lini berperan penting dalam penanganan Karhutla.

"Maka saya berharap kita dapat lebih proaktif dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar," imbau Suhendri. (*)