Pilih Mana Justin: Indonesia atau Belanda?

Sabtu, 18 Maret 2023

Foto: Justin Hubner (Getty Images)

RUANGRIAU.COM - Pemain keturunan Justin Hubner dipanggil ke Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia U-20. Uniknya ia juga dipanggil Belanda U-20, Hubner mau pilih yang mana?

Nama Justin Hubner menjadi salah satu dari total 29 pemain yang dipanggil Timnas U-20, Jumat (17/3/2023), untuk TC di Jakarta dan Korea dalam persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023. TC di Korea rencananya akan digelar Bulan April, sebelum itu latihan akan lebih dulu digelar di Jakarta.

Tak lama berselang, nama Hubner juga termasuk ke dalam salah satu pemain yang dipanggil ke Belanda U-20 untuk uji coba Vs Prancis pada 25 Maret mendatang. Saat ini Hubner memang masih berstatus sebagai Warga Negara Belanda.

Meski begitu ia juga dipanggil TC Timnas U-20 karena proses naturalisasinya sedang berlangsung. Ia bisa ikut TC Timnas U-20 meski belum resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Pemain Wolverhampton Wanderers U-21 itu sebelumnya sudah ikut TC Timnas U-20 di Eropa. Ia juga sudah membela Timnas U-20 dalam beberapa laga uji coba di sana.

Adapun Hubner kabarnya juga sudah dijadwalkan untuk melanjutkan proses naturalisasinya dalam waktu dekat. Ia akan menghadapi DPR RI pekan depan.

"Tanggal 20 (Maret) kita RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan Komisi X. Kemudian tanggal 21 (Selasa) pagi dengan komisi III kalau tidak salah jadwalnya ya. Kemudian paripurnanya setelah itu," kata Waketum PSSI Zainudin Amali kepada wartawan baru-baru ini di Senayang.

"Saya tidak tahu kapan batas akhirnya. Tapi kan mereka ini harus didaftarkan, kan juga ada proses dia harus pindah federasi juga kan. Kami upayakan dengan secepatnya," ujarnya.

Justin Hubner bukan satu-satunya pemain keturunan yang dipanggil untuk TC Timnas U-20. Ada juga Ivar Jenner dan Rafael Struick. (*)