Momen Lebaran, Berjibaku Padamkan Karhutla

Ahad, 23 April 2023

Pertugas sedang melakukan pemadaman Karhutla.

DUMAI (RUANGRIAU.COM) - Momen lebaran Idul Fitri, personel gabungan dari Polda Riau, Polres Dumai dan Polres Bengkalis, tetap menjalankan tugas dengan berjibaku lakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto dan Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro bersama personel kedua Polres tersebut serta personel TNI yang dibantu ratusan warga Medangkampai, Kota Dumai dan Desa Tanjung Leban, Kabupaten Bengkalis, berjibaku melakukan pemadaman Karhutla di dua wilayah tersebut. 

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto didampingi Dandim Dumai Letkol (ARH) Hermansyah Tarigan mengatakan, pihaknya bersama masyarakat sudah bekerja maksimal melakukan pemadaman Karhutla sejak Rabu (18/4) sore  lalu. 

Menurut Nurhadi, lahan yang terbakar dengan Kordinat N 1°36'45.7812" E 101°39'27.0072" adalah perbatasan antara Polres Dumai dan Bengkalis. “Separuh wilayah Karhutla merupakan lahan di Polres Dumai dan separuh lagi merupakan wilayah Polres Bengkalis,” ujarnya. 

Walau masih dalam suasana lebaran, dia dan personelnya bersama TNI dan organisasi masyarakat, tetap melaksanakan tugas berjibaku melakukan pemadaman. Beberapa kendala seperti jauhnya sumber air untuk pemadaman, tidak menyurutkan semangat team pemadaman Karhutla untuk bekerja. 

Di tempat terpisah, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro di sela kesibukannya memimpin pasukan pemadam Karhutla di Desa Tanjung Leban Bandar Laksamana, Bengkalis juga mengatakan hal sama. “Kami berlebaran dengan penanganan api Karhutla. Ini adalah bentuk tanggung jawab kami bahwa negara Hadir untuk mengamankan warga dari asap Karhutla yang mengganggu saat merayakan Idul fitri,” ujar Setyo Bimo. 

Namun demikian. tidak hanya Polres Dumai dan Polres Bengkalis dengan Satgas Karhutlanya yang merelakan waktu lebarannya tidak bersama keluarga, personel Polda Riau dipimpin oleh Karo Ops Polda Riau Kombes Pol R Kasero Manggolo didampingi oleh Dir Samapta Polda Riau Kombes Pol Faried Zulkarnain serta Dansat Brimob Polda Riau Kombes Pol Ronny Lumban Gaol, turut ambil bagian membantu Ssatgas Karhutla Polres Dumai dan Polres Bengkalis berjibaku melawan panasnya api Karhutla. 

Di sela-sela kegiatan pemadaman,  Kasero mengatakan bahwa kedua Polres, dengan bantuan BKO Polda Riau tetap berjibaku memadamkan api. Sebelum turun ke lokasi, Kasero menggelar apel kesiapan dan juga melakukan cek ulang peralatan yang akan digunakan, berupa satu unit Rantis (Kendaraan Taktis) yang didesain khusus untuk kebutuhan Karhutla, satu unit truk peralatan Karhutla, satu unit truk mobilisasi pasukan dan satu unit mobil double cabin. 

Sementara itu, di lokasi Karhutla, menurut Kasero, sudah terdapat ratusan personel pemadam yang terdiri dari personel Polri, Koramil, prajurit Radar TNI AU, BPBD dan MPA Dumai dan juga MPA Bengkalis yang melakukan pemadaman di dua lokasi ini. 

Ketika ditanya tentang pelaku pembakaran, Kasero menegaskan akan mencari para pelakunya. “Kita akan tetap memburu pelaku pembakar lahan ini. Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau sedang bekerja mengungkap kasus ini," ujar Kasero. (*)