Kecelakaan Kapal Evelyn Calisca 01: 58 Selamat, 11 Meninggal dan 9 Masih Dalam Pencarian

Jumat, 28 April 2023

INHIL (RUANGRIAU.COM) - Kapal cepat SB Evelyn Calisca 01 yang mengangkut penumpang sekitar 78 orang tujuan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (Kepri) terbalik di perairan Air Tawar Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Kamis (27/4/2023). 

Kepala Basarnas Pekanbaru I Nyoman Sidakarya SH saat dikonfirmasi mengatakan, kapal cepat SB Evelyn Calista 01 yang mengangkut sekitar 78 penumpang dan ABK yang berangkat dari Tembilahan tujuan Tanjung Pinang. Namun, sesampainya di Pulau Guntung, kapal tersebut terbalik. 

Diperkiraan lokasi kejadian pada Titik Koordinat 0°25'43.52"N 103°35'47.17"E dengan jarak 51.06 NM dari Pos Sar Tembilahan, Heading 30.70°. 

Ia mengungkapkan, adapun data sementara penumpang yang selamat, antara lain Ika (PR), Dika (LK), Tia (PR), Safrudin (LK), Rahayu (PR), Kartika (PR), Arifal (LK), Zulkifli (LK), Eni (PR), Andre (LK), Nabila (PR),Fitri (PR), Andy (LK), Ida (PR), Haripan (LK), Nuriyah (PR), Fitra (LK), Heri Kiswanto (LK), Selvi Herianti (PR) Sarkawi (LK), Rahma Adinda (PR), Rezki Arianto (LK), Tofik (LK), Ria (PR), Rida (PR), Yogi (LK), Mega (PR), Sukirmawati (PR), Yuda P. (LK), Nisa (PR), Revan (LK), Nila (PR), Renanda, Resita, Rahmadina, Dahlia, Sharil, Khairul, Firmansyah, Abdul, Hendri, Syaudin, Mulyono, Sri marliyah (P), Desri juanda (L), Zaiyin Malik (L)Anak, Zaid umar aldri (L) anak, Zinedin khalef Aldri (L) anak, Nia sari (P), Andi Ridho Azmi (L), Suci Estetika Sari (P), Syahran (Kep) (L), Reynanda Tambunan, Dahlia Sari, Trees melani, Hadi saputra, Elviwati dan Makmur. 

Sedangkan penumpang yang meninggal ada 11 orang dan berada di RSUD Raja Musa dengan data RIAN 30 thn (LK), ISYAH NURSABILA 1 thn (PR), Chalifa rezechta (10), Mikha septia nur Sakila (7), Desi (45), Dini (35), Cheazya Raisa (20), Zalia Nafa (18), Nadia (20), dan ada tiga orang sementara belum diketahui identitasnya. 

"Sampai saat ini kita masih melakukan pencarian bersama tim dan dibantu oleh nelayan untuk menemukan korban yang masih tenggelam," ucap Kepala Basarnas Pekanbaru.

Di tempat terpisah, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, pastikan jajarannya selidiki penyebab kapal pengangkut penumpang SB Evevlyn Calisca 01 terbalik di Tembilahan, tujuan Tanjung Pinang, terbalik di Perairan Guntung, Inhil. Jika ada kelalaian penyedia jasa, akan ditindak tegas. 

“Prinsipnya, bila ada hal-hal yang mengakibatkan insiden ini karena perbuatan melawan hukum akan ditindak tegas,” terang Iqbal saat akan berangkat ke lokasi kejadian pada Jumat (28/4/2023) pagi. 

Untuk itu, Polda Riau dan Polres Inhil sedang melakukan pendalaman dan pemeriksaan terkait insiden ini. 

“Jika ditemukan perbuatan melawan hukum, akan kami sikat dan kami akan periksa awak-awak kapalnya,” tandas Iqbal. 

Insiden itu terjadi pada 27 April 2023, setidaknya ada 11 penumpang yang tewas. 

Bupati Inhil H Wardan bersama Ketua PMI Inhil Hj Zulaikhah Wardan bergerak turun langsung ke lokasi menyambangi korban. Bupati juga memerintahkan OPD terkait untuk bergerak cepat terhadap penanganan insiden laka laut tersebut. 

”Pagi ini saya bersama Asisten II Setda Kabupaten Inhil, Ketua PMI Kabupaten.Inhil, Kadis Perhubungan, Kadis BPBD bertolak langsung ke lokasi guna melihat evakuasi korban kecelakaan," ucap Wardan. 

Bupati Inhil menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah yang menimpa para penumpang SB Evelin Calisca 01. Ia menyatakan akan maksimal melakukan pencarian korban. 

?Tentunya saya bersama jajaran akan berusaha semaksimal mungkin guna menemukan korban yang belum ditemukan dan memprioritaskan pelayanan kepada korban yang selamat," ujarnya. (*)