Plt Kabag Kesra: Bus yang Kita Siapkan Mendadak Rusak, Makanya Dicari Alternatif Minibus

Jumat, 26 Mei 2023

Ratusan Jamaah Calon Haji asal Rokan Hilir saat berada di Pekanbaru.

KUBA (RUANGRIAU.COM) - Terkait jenis dan kondisi kendaraan pengangkut 14 orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam (Kuba), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berukuran kecil dan dinilai kurang layak, bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Rohil, memberikan klarifikasi. Sebenarnya, bagian Kesra sudah mempersiapkan bus pngangkut JCH asal Kubu dan Kuba, namun bus tersebut mendadak rusak. 

Karena mengalami kerusakan, maka akhirnya dicari alternatif transportasi lain, yaitu minibus jenis Asia Exspres bernomor polisi BM 7164 JU menuju Masjid Afandi di Ujung Tanjung. 

Para jamaah JCH asal Kubu dan Kuba bertolak dari Masjid Al Falah, Kepenghuluan Rantau Pajang Kiri menuju Ujung Tanjung bersama rombongan JCH asal Rohil lainnya bertolak menuju Pekanbaru, Jumat (26/5/2023). 

Plt Kabag Kesra Rohil Rinawati SE, memberikan klarifikasi terkait armada pengangkut JCH asal Kubu dan Kuba menggunakan minibus Asia Exspres. 

"Kita sudah siapkan bus penjemput jamaah calon haji (JCH) asal Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam, cuma ada insiden kecil bus yang kita siapkan mendadak rusak dan sekarang di bengkel. Sehingga kita mencari bus  alternatif lain menggunakan bus yang ada di Kubu," ujarnya. 

Lanjut Rinawati, hingga saat ini bus yang disiapkan Pemkab Rohil penjemput JCH asal Kubu dan Kuba masih di bengkel. 

"Karena JCH asal Kubu dan Kuba tidak banyak, kita gunakan minibus alternatif yang ada di Kubu, JCH dari Kubu menggunakan minibus Asia Ekspres hanya sampai Ujung Tanjung saja, dari Ujung Tanjung ke-Pekanbaru menaiki bus yang disediakan Pemkab Rohil bersamaan dengan jamaah asal Rohil lainnya," kata Rinawati. 

Diuraikan Rinawati, selama dalam perjalanan dari Kecamatan Kubu menuju Ujung Tanjung semua JCH tidak mempersoalkan mengendarai minibus tersebut dan sampai di Ujung Tanjung baik-baik saja. 

"Jamaah kita tidak mempersoalkan, ini kan insiden, bukan ada unsur kesengajaan. Sebab, bus yang kita siapkan mendadak rusak, jamaah calon haji asal Kubu dan Kubu Babussalam semua legowo dan tidak mempersoalkan tentang armada yang kita siapkan dari Kubu," pungkasnya. (*)