Gapensi Adukan Koktraktor Kampar Merugi

Selasa, 25 Juli 2023

- Badan Pengurus Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Kampar melakukan Audisensi dengan Pj Bupati Kampar H Muhammad Firdaus,SE,MM, senin (24/7/2023).

BANGKINANG KOTA - Badan Pengurus Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Kampar melakukan Audisensi dengan Pj Bupati Kampar H Muhammad Firdaus,SE,MM, senin (24/7/2023).

Dalam pertemuan atau silaturahmi tersebut, hadir langsung Ketua Gapensi Kabupaten Kampar Muhammad Iksan disampingi Plt Kadispora H Aidil, Sekretaris PU PR Rusdi Hanif, Sekretaris PU Perkim Syarkani Arief, dan Kabag Ortal M Fadli Muhktar.

Ketua Gapensi Kabupaten Kampar Muhammad Ikhsan, SH, mewakili para pengurus lainnya menyampaikan aspirasi terkait standar harga kegiatan pembangunan infrastruktur di Dinas terkait per wilayah atau Kecamatan.

Kemudian, Ikhsan juga berharap agar segera dilakukan kelanjutan renovasi atau pembangunan Kota Bangkinang, terumatama Islamic Center Bangkinang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang, Bangkinang Ruverside serta  Kantor Catatan Sipil.

Pengusaha jasa konstruksi masih menunggu kebijakan dari eskalasi nilai kontrak dari pemerintah. Melihat sudah banyak kontraktor yang merugi imbas kenaikan harga satuan barang.

Muhammad Ikhsan menjelaskan dampaknya sudah sangat mengganggu bagi kontraktor karena harus menyerap kerugian. Sehingga sangat mengganggu dan sangat berdampak pada dunia usaha.

" Kalau sudah berkontrak itu risiko, kalau nggak dilanjutkan anda bisa kena blacklist. Sementara kalau diteruskan dengan harga itu kita morat-marit. suka tidak suka harus mengerjakan. kita harus bekerja karena takut penegak hukum," katanya.

Meski ada konsekuensi merugi, kata Ikhsan, kontraktor tidak berani melakukan pengurangan volume konstruksi dalam proyek, karena takut menyalahi kontrak dan berujung pada gugatan hukum. Sehingga menurut Ikhsan,  jika tidak eskalasi kontrak sebaiknya ada penyesuaian pekerjaan volume dalam kontrak.

"Kita mohon untuk eskalasi dampak kenaikan harga satuan barang kita, kalau tidak ada penyesuaian volume, pengurangan volume supaya temen-temen nggak rugi," katanya.

Untuk diketahui, proses eskalasi nilai kontrak proyek sudah pernah diajukan kepada Bupati Almarhum Aziz Zaenal, Catur Sugeng dan Kamsol. Namun sampai sekarang tidak ada realisasinya. "Karena itu di masa Pj Bupati H Muhammad Firdaus ini kami berharap ada kebijakanm supaya kontraktor tidak merugi, "ungkapnya

Pj Bupati Kampar H Muhammad Firdaus dalam kesempatan tersebut, menyampaikan harapan semoga keberadaan Gapensi menjadi mitra pemerintah dalam mencapai tujuan pembangunan yang bermutu dimasa sekarang dan akan datang.

" Selain itu, harapan kami selaku pemerintah Kabupaten Kampar, kepada para pengurus Gapensi kabupaten kampar dalam membangun infrastruktur daerah lebih baik lagi, dan semoga kita tetap bersinergi dan bekerja sama dalam membuat inovasi untuk kampar yang lebih baik,"ucap Firdaus.****