Jadi Ilmuan Mini Sehari, Murid TK Membuat Eksperimen Rainbow Lava di Perpustakaan

Kamis, 21 September 2023

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru baru-baru ini menjadi pusat kegembiraan sains ketika murid TK Darul Hikmah tampil sebagai ilmuwan mini yang berbakat. Mereka tidak hanya mengejar pengetahuan dari buku, tetapi juga menciptakan pertunjukan warna-warni dengan eksperimen 'Rainbow Lava', Kamis (21/9/2023). 

“Anak-anak diajak bereksperimen dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah, tetap dipandu oleh guru dan petugas perpustakaan. Aktivitas ini tidak hanya memperkenalkan konsep dasar sains kepada siswa, tetapi juga memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Erna Juita. 

Terlihat siswa TK ini diajak berpartisipasi dalam proses membuat rainbow lava dengan menggabungkan bahan-bahan sehari-hari seperti cuka, baking powder, pewarna makanan, dan air untuk menciptakan eksperimen yang menakjubkan. Masing-masing siswa memilih warna pewarna makanan favorit mereka untuk menciptakan lava berwarna yang siap meletus. 

“Ini membuktikan bahwa perpustakaan bukan hanya tentang buku. Di perpustakaan, siswa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas edukatif yang menyenangkan,” terangnya. 

Ia menambahkan, eksperimen membuat rainbow lava bukan hanya sekadar pembelajaran, tetapi juga pengalaman yang merangsang kreativitas, rasa ingin tahu, dan kolaborasi diantara para siswa. “Dengan begitu banyak aktivitas menarik yang ditawarkan di Perpustakaan Tenas Effendy, sayang jika adik-adik tidak berkunjung dan memanfaatkan layanan yang tersedia disini,” tutupnya. 

Bagi sekolah yang tertarik mengikuti kegiatan LiteraTour bisa mendaftar melalui layanan call center : 0813-7809-1515. (*)