Tidak Memenuhi Syarat, Proyek Jalan Tol Dumai - Sp. Sigambal - Rantau Prapat Dikeluarkan dari PSN

Senin, 30 Oktober 2023

Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya

JAKARTA (RUANGRIAU.COM) - Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menyatakan 11 proyek sudah pasti bakal dikeluarkan dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Satu di antaranya adalah Jalan Tol Dumai - Sp. Sigambal - Rantau Prapat. 

Hal itu sudah berdasarkan persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan bakal dituangkan dalam revisi Peraturan Menko Perekonomian (Permenko). 

"11 ini sudah pasti. Sudah (disetujui Pak Jokowi), nanti kita masukkan ke Permenko. (Terbitnya kapan) mudah-mudahan November lah harus keluar," kata Ketua KPPIP Wahyu Utomo saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (30/10/2023). 

Wahyu mengungkapkan, proyek tersebut dikeluarkan karena tidak memenuhi tiga syarat yang ditetapkan Jokowi, yaitu harus selesai terkait pembiayaan, pembebasan lahan, dan perizinan agar tidak mangkrak. Proyek itu antara lain Pelabuhan Ambon Baru (Ambon New Port), Kawasan Industri Tanggamus, dan sembilan proyek Kementerian PUPR. 

"Ambon nggak ada yang berminat, kalau Tanggamus itu juga Pertamina kan masih banyak PR ya dari pemerintah, jadi kayaknya mau bangun yang ditugaskan dulu," ujar Wahyu. 

"(Kalau) PUPR masih dalam kajian. Jadi kalau Presiden minta semester I-2024 sudah ada 3 hal yang selesai, kayaknya nggak bisa. Jadi PUPR bilang kita kajian aja belum selesai, masalah penganggaran kan butuh waktu, jadi perizinan, pengadaan tanah kayaknya nggak mungkin dimulai di Semester I-2024," tambahnya. 

Meski proyek tersebut keluar dari PSN, Wahyu memastikan kajiannya akan tetap dilanjutkan untuk dilaksanakan oleh presiden berikutnya. 

"Jadi PUPR bilang ini nanti aja lah setelah pemerintahan baru aja, mungkin kira-kira akan dilaksanakan, tapi kajiannya tetap laksanakan," ucapnya. 

11 Proyek yang Bakal Dikeluarkan dari PSN:
1. Penyediaan Air Baku Sidan, Provinsi Bali
2. Jalan Tol Rantau Prapat - Kisaran
3. Jalan Tol Langsa - Lhokseumawe
4. Jalan Tol Lhokseumawe - Sigli
5. Jalan Tol Dumai - Sp. Sigambal - Rantau Prapat
6. Jalan Tol Muara Enim - Lahat - Lubuk Linggau
7. SPAM Djuanda/Jatiluhur II, Jawa Barat - DKI Jakarta
8. SPAM Jatigede, Jawa Barat
9. SPAM Kamijoro, D.I.Yogyakarta
10. Pelabuhan Ambon Baru
11. Kawasan Industri Tanggamus, Lampung