Gigih Cek TPS Rawan Banjir, Polsek Bengkalis Jelajahi Pelosok Desa di Perbatasan RI-Malaysia

Selasa, 16 Januari 2024

BENGKALIS (RUANGRIAU.COM) - Memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 mendatang berlangsung dengan sukses, personel Polsek Bengkalis mengecek Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diprediksi rawan banjir, Senin (15/1/2024). 

Pagi itu pukul 09.30 WIB, dengan gigih sejumlah personel berjalan kaki menempuhi waktu sekitar 45 menit kegiatan yang dikomandoi langsung Kapolsek Bengkalis AKP Faisal SH itu menjelalahi pelosok desa terjauh perbatasan Selat Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Republik Indonesia (RI) dengan  Selat Malaka, Malaysia. 

Agenda yang berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Bengkalis itu juga langsung diikuti Ketua PPK Kecamatan Bengkalis Hendra dan Ps Kanit Intel Aipda Tri Mardoni, Kanit Binmas, Kepala Desa Teluk Latak Mansyur, Bhabinkamtibmas Teluk Latak dan Ketua PPS Teluk Latak Zulfikar. 

Kapolres Bengkalis Setyo Bimo Anggoro SH SIK MH melalui Kapolsek Bengkalis AKP Faisal SH mengatakan, kegiatan yang berkoordinasi dengan PPK Kecamatan Bengkalis ini untuk memastikan TPS-TPS di Kecamatan Bengkalis nanti pada hari H pelaksanaan pemilu yang digelar 14 Februari 2004 mendatang berlangsung dengan sukses. 

‘’Dari hasil koordinasi dan pengamatan bersama ada dua desa yang diprediksi rawan banjir, yakni Desa Teluk Latak dan Senderak. Kedua desa letaknya perbatasan Selat Bengkalis dengan negeri jiran Selat Malaka, Malaysia,’’ kata Faisal. 

Kapolsek menjelaskan, di Desa Teluk Latak terdapat ada beberapa lokasi TPS yang rawan banjir di antarannya TPS 7 (Ruang Kelas SDN 53 Bengkalis), Jalan Darat Tegak, RT 02, RW 04, Desa Teluk Latak. Lokasinya TPS tidak rawan banjir, melainkan akses jalan menuju TPS yang rawan banjir lebih kurang 40 meter dengan kedalaman air 50 centimeter. 

‘’Alternartifnya TPS dipindahkan di halaman Masjid Solihin, Jalan Darat Tegak yang berjarak lebih kurang 200 meter dari lokasi TPS 7,’’ kata mantan Kanit Reskrim Polsek Kandis Polres Siak ini. 

Kemudian, lanjut Kapolsek, Desa Senderak yakni TPS 1 (rumah warga) Jalan Utama,  RT 0,1 RW 01, Dusun Pembangunan, Desa Senderak. Di lokasi ini diprediksi juga kedalaman air sekitar 50 centimeter hingga lebih. 

‘’Untuk alternatifnya di Kantor Desa Senderak yang berjarak sekitar 20 meter dari TPS awal,’’ ucap mantan Kasi Hukum Polres Siak itu.  

Kapolsek menambahkan, lokasi TPS rawan banjir tersebut terjadi apabila pada saat hari H terjadi hujan lebat. Rencana lokasi TPS alternatif dipindahkan tidak jauh dari lokasi TPS awal. 

‘’Lokasi TPS rawan banjir akan dilihat kondisi cuaca 7 hari sebelum hari H, selanjutnya pihak PPK Kecamatan Bengkalis dan PPS Desa Senderak dan Desa Teluk Latak akan melakukan evaluasi lanjutan,’’ pungkas Faisal. 

Sementara itu, Kepala Desa Teluk Latak Mansyur, di sela-sela mengecek lokasi TPS tersebut mengungkapkan apreasiasinya atas langkah Polsek Bengkalis bersama PPK dan PPS untuk mengantisipasi titik TPS jika terjadinya banjir. 

‘’Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pak Kapolsek Bengkalis AKP Faisal SH dan jajaran serta PPK dan PPS, yang melakukan langkah antisipasi sedini mungkin jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti banjir di lokasi TPS dan mensepakati alternatif lokasi TPS,’’ ujar Mansyur. (*)