Kelulusan Murid SD Tidak Sebanding dengan Daya Tampung SMP Negeri

Selasa, 23 Januari 2024

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun.

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih kekurangan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri. Terungkap, sekolah yang ada saat ini belum mampu sepenuhnya mampu menampung murid tamatan SD. 

Pj Wali Kota Pelqnbaru Muflihun memaparkan, jumlah kelulusan murid SD tidak sebanding dengan daya tampung SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Untuk itu, dirinya berharap bisa membangun sekolah baru. 

"Tamatan SD itu hampir di angka 20 ribu siswa per tahun. Sementara SMP Negeri hanya mampu menampung 11 ribu siswa. Kita masih minus 9 ribu lagi," ucap Muflihun. 

Menurutnya, 9 ribu siswa yang tudak tertampung di sekolah negeri belum tentu sanggup sekolah di swasta. Makanya, pada tahun 2023 lalu, Pemko Pekanbaru membangun dua SMP baru. 

"Insya Allah tahun ini (2024) kita bagun lagi SMP. Cuma, masalah hari ini adalah banyak tanah yang tidak bersertifikat Pemko Pekanbaru," ungkap Pj Wali Kota. 

Makanya, lanjut Muflihun, Pemko Pekanbaru, membutuhkan lahan untuk pembangunan sekolah negeri. Sekolah neheri akan ditambah jika ada masyarakat yang mau menghibahkan lahan mereka. 

Pj Walikota berharap ada lahan masyarakat yang diberikan kepada Pemko Pekanbaru untuk dibangun sekolah baru. Jika itu ada, pihaknya akan mengusulkan lahan tersebut untuk dibangun sekolah. 

"Coba kalau ada lahan kita, diamanatkan ke pemerintah Kota Pekanbaru, nanti kita coba usulkan pembangunannya," ujar Muflihun. 

Menurutnya, jika Pemko Pekanbaru fokus membeli tanah, maka akan menghabiskan anggaran yang cukup besar. Apalagi kondisi APBD Kota Pekanbaru tidak dalam kondisi baik. (*)