Tersebar di Sembilan Wilayah Rentan, DKP Pekanbaru Siapkan Bantuan untuk 2.373 Kepala Keluarga

Senin, 12 Februari 2024

Rapat Koordinasi Kegiatan Penanganan Kerawanan Pangan yang melibatkan sejumlah stake holder terkait, di antaranya Bappeda Pekanbaru, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PUPR kecamatan juga sembilan l

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru tahun ini segera menyalurkan bantuan kepada 2.373 kepala keluarga (KK) yang tersebar di sembilan kelurahan. Nantinya, ribuan KK ini mendapatkan bantuan pangan berupa beras, minyak goreng dan gula. 

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi Kegiatan Penanganan Kerawanan Pangan yang melibatkan sejumlah stake holder terkait, di antaranya Bappeda Pekanbaru, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PUPR kecamatan juga sembilan lurah di daerah rentan rawan pangan. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan H. Maisisco yang saat memimpin Rakor didampingi Sekretaris Adi Lesmana, Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Ismail, Kabid Keamanan dan Konsumsi Pangan Yarnengsih Alam mengungkapkan, berdasarkan peta Food Security and Vulnerability Atlas – FSVA- potensi kerawanan pangan Kota Pekanbaru, pada tahun 2024 ini, ada sebanyak sembilan kelurahan yang masuk dalam wilayah rentan rawan pangan. 

Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah Kota Pekanbaru mengintervensi dengan membantu dukungan pangan sehingga pangan di daerah tersebut tersedia. 

Dijelaskan Maisisco, untuk penerima bantuan ini, data yang digunakan adalah data P3KE Kemenko PMK. Dan berdasarkan jumlah tersebut, tahun ini, Pemko mengalokasikan bantuan untuk 2.373 keluarga penerima manfaat. 

''Untuk memastikan para penerima by name by adress, kita saat ini berkoordinasi dengan lurah dan camat, sehingga bantuan yang diberikan benar-benar sesuai kondisi di lapangan, dan dalam waktu dekat akan ada tim yang melakukan verifikasi dan validasi data penerima ke lapangan,'' paparnya. 

Kemudian, ia berharap dukungan lurah untuk sesegera mungkin melakukan verifikasi data terhadap penerima. Sehingga penyerahan bantuan ini benar-benar tepat sasaran. 

Melengkapi, Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Ismail menjelaskan, bila proses verifikasi data selesai, diperkirakan paling lama pada April 2024 ini, bantuan tersebut sudah bisa disalurkan kepada masyarakat penerima manfaat. 

Berikut adalah Jumlah Keluarga Penerima Manfaat Penanganan Daerah Rentan Rawan Pangan Kota Pekanbaru Tahun 2024: 

1. Kecamatan Rumbai Barat Kelurahan Muara Fajar Barat  276 KPM 

2. Kecamatan Rumbai Kelurahan  Limbungan Baru 339 KPM 

3. Kecamatan Rumbai, Kelurahan Lembah Damai  392 KPM 

4. Kecamatan Rumbai Timur Kelurahan Lembah Sari 322 KPM 

5. Kecamatan Pekanbaru Kota Kelurahan Kota Baru  68 KPM 

6. Kecamatan Bukit Raya Kelurahan Tangkerang Utara 226 KPM 

7. Kecamatan Bukitraya Kelurahan Air Dingin 223 KPM 

8. Marpoyan Damai Kelurahan Tangkerang Tengah 274 KPM 

9. Tenayan Raya Kelurahan Bambu Kuning 253 KPM. (*)