Apa Menu Makan Siang Gratis? Terserah Daerah Masing-masing

Senin, 26 Februari 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

JAKARTA (RUANGRIAU.COM) - Program makan siang gratis yang diusung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sudah mulai disiapkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025. Soal menunya, pemerintah pemerintah membebaskan masing-masing daerah dengan anggaran tersebut. 

"(Menunya) nah itu nanti dilepaskan ke daerah masing-masing, tidak menyeragamkan," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024). 

Ia menjelaskan, anggaran untuk program makan siang gratis, ditetapkan Rp 15.000 per anak. Anggaran sebesar itu merata untuk seluruh daerah di luar program susu gratis. 

"(Anggaran program makan siang gratis) per anak kira-kira Rp 15 ribu. Itu kan bisa dibuat macam-macam. Nanti akan ada pembahasan. Di luar susu," jelasnya. 

Sebelumnya, Kementerian PPN/Bappenas mengaku mulai menyusun program makan siang dan susu gratis bagi anak sekolah yang diusung Prabowo-Gibran. Hal itu dikatakan Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa usai rapat paripurna yang membahas rencana kerja pemerintah (RKP) dan kebijakan fiskal tahun 2025. 

"Memang harus memasukkan program-program ikonik dari presiden terpilih. Tentu saja itu diperhitungkan dan Bappenas sedang menyusun itu," ucap Suharso di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024). (*)