Maret 2024, Kurikulum Merdeka akan Jadi Kurikulum Nasional

Rabu, 28 Februari 2024

JAKARTA (RUANGRIAU.COM) - Maret 2024 ini, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan teknologi (Kemendikbudristek) akan mengesahkan Kurikulum Merdeka menjadi kurikulum nasional. 

"Bulan Maret ini insyaAllah (diluncurkan)" ungkap Pengembang Ahli Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbud Ristek, Taufiq Damardjati di The Langham Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2024), dikutip dari Kompas.com

Taufiq menjelaskan, awalnya peluncuran Kurikulum Merdeka menjadi kurikulum nasional akan digelar pada Februari 2024. "Tapi karena kami berusaha memdapatkan banyak masukkan dari masyarakat mengenai bagaimana Kurikulum Merdeka ini diimplementasikan, jadi agak molor sedikit," jelasnya. 

Disampaikan Taufiq, pihak Kemendikbud juga memerlukan waktu lebih banyak, karena harus meminta persetujuan oleh presiden terlebih dahulu. 

"Karena ini sedikit berbeda dengan regulasi-regulasi Kemendikbud yang lain karena ini efeknya nasional it takes longer time," lanjutnya. 

Kemudian, lanjut Taufiq, terkait masih banyaknya guru yang saat ini belum menggunakan Kurikulum Merdeka, nantinya akan diberikan waktu untuk melakukan peralihan. 

Taufiq menegaskan, Kemendikbud akan tetap optimistis Kurikulum Merdeka tetap bisa disahkan sebagai kurikulum nasional. (*)