Mau Tukar Uang Receh buat Lebaran? Begini Caranya

Jumat, 15 Maret 2024

Ilustrasi - Foto: Hasan Alhabshy

JAKARTA (RUANGRIAU.COM) - Dalam rangka memenuhi kebutuhan peredaran uang di masyarakat selama bulan Ramadan dan Lebaran, Bank Indonesia (BI) menyediakan program penukaran uang receh. Masyarakat dapat melakukan penukaran uang mulai Jumat, 15 Maret sampai 5 April 2024. 

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan, masyarakat dapat melakukan penukaran uang maksimal Rp 4 juta rupiah per orang. Kemudian untuk uang pecahan disediakan mulai dari Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000. 

"Nah ini dibandingkan tahun lalu Rp 3,8 juta per orang sekarang Rp 4 juta. Sesuai evaluasi kami dan masukan dari masyarakat tahun lalu. Tahun ini pecahan Rp 1.000 sampai Rp 50 ribu. Tahun lalu 50 ribu nggak diikutkan, tahun ini dimasukkan penukaran uang baru," kata Marlison saat ditemui di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (15/3/2024). 

Selain uang kertas, dia menjelaskan pihaknya juga menerima penukaran dengan uang logam dan uang pecahan kecil (UPK) Rp 75.000. Lebih lanjut, layanan penukaran selama periode ini dilakukan bersama dengan perbankan. Layanan penukaran oleh perbankan akan dilakukan di 4.264 kantor bank atau titik yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Sementara penukaran BI akan dilakukan secara reguler dengan mengunjungi tempat-tempat keramaian, seperti ritel, pasar dengan menggunakan mobil Kas keliling. 

Selain itu, layanan penukaran ini juga akan dilakukan dengan susur sungai, seperti di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, dan Sumatera Selatan. Hal ini dilakukan untuk menjangkau masyarakat yang memang membutuhkan penukaran uang. 

"Kami juga melakukan penukaran di titik arus mudik, terutama di jalan tol ruas Jawa, Lampung, Sumatera dan Medan. Khusus di jawa kita buka di km 57 mulai tanggal 2-5 April 2024. Nanti teman kami di Cirebon juga akan buka di titik juga termasuk Surabaya sehingga jalan tol dari berangkat Jakarta sampai ujung Jawa ada titik" penukaran bagi masyarakat pemudik," jelasnya. 

Untuk informasi lebih lanjut, Marlison bilang masyarakat dapat melihat titik dan waktu layanan penukaran dengan menggunakan aplikasi PINTAR. Masyarakat dapat melakukan penukaran langsung pada kas keliling BI selama kuota masih tersedia. (*)