Khusus Layani Pemeriksaan Sampel Wilayah Pekanbaru

Senin, 05 Oktober 2020

Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih.

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah melakukan pengadaan laboratorium biomolekuler. Laboratorium itu nantinya dipergunakan untuk melayani pemeriksaan sampel swab, guna mengetahui seseorang negatif atau positif terserang pandemi Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru M Noer, melalui Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Senin (5/10/2020) menjelaskan, laboratorium itu nantinya mampu melayani pemeriksaan sampel swab hingga 1.000 sampel dalam sehari. Namun, laboratorium biomolekuler milik Pemko Pekanbaru itu hanya melayani pemeriksaan sampel swab yang berasal dari wilayah Kota Pekanbaru saja. 

"Kita hanya melayani pemeriksaan sampel dari Pekanbaru saja," ujar Zaini.

Diungkapkannya, seiring laboratorium biomolekuler Pemko Pekanbaru berjalan, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi. Kemudian melakukan koordinasi, dimana sampel swab yang tidak terlayani oleh Pemprov Riau untuk pemeriksaan, akan diambil alih laboratorium milik Pemko Pekanbaru untuk diperiksa. 

"Mana yang tak bisa dihandle provinsi, kita yang handle. Namun, khusus wilayah Pekanbaru saja," jelasnya.

Laboratorium biomolekuler itu nantinya berada di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru, Jalan Garuda Sakti Km 2 Kecamatan Tampan. (***)