Gembira Hujan Datang, Petani Mulai Semai Padi

Senin, 26 Oktober 2020

Petani Desa Tanjung Simandolak saat menanam varian padi IP200 belum lama ini.

TELUKKUANTAN - Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dalam beberapa hari terakhir, disambut gembira para petani di Desa Tanjung Simandolak, Kecamatan Benai. Mereka pun mulai bersiap-siap menyemai padi.

''Alhamdulillah, sudah dua hari ini hujan. Waktunya menyemai padi,'' tutur Wati, seorang petani di Desa Tanjung Simandolak.

Ia mengatakan, musim tanam kali ini sudah merupakan hasil kesepakatan pemerintah desa dan para petani se Kenegerian Simandolak. Hal itu agar masa tanam padi petani berlangsung serentak.

''Jadwal tanam ini sesuai hasil kesepakatan Pemdes dan para petani. Bahkan satu Kenegerian Simandolak masa menyemainya sama,'' ungkapnya.

Benih padi yang disemai ini katanya, merupakan varian jenis padi lokal. Nantinya akan ditanam di lahan persawahan di Koto Simandolak.

Hal senada dikatakan petani lain Deni. Ia juga mengaku mulai bersiap-siap melakukan penyemaian padi. Hal itu dilakukan mengingat hujan yang sudah mulai turun dalam beberapa hari terakhir.

''Sudah waktunya menyemai padi. Alhamdulilah curah hujan juga bagus,''katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Tanjung Simandolak Robinson Saswe menuturkan, curah hujan di daerah Kabupaten Kuantan Singingi mulai meningkat beberapa waktu terakhir. Sehingga para petani mulai melakukan penyemaian padi.

''Penyemaian padi dilakukan serentak agar jadwal tanam pun juga serentak. Kita berharap akhir tahun ini tidak ada musibah banjir, sehingga padi petani aman. Sehingga tidal gagal panen,'' ungkapnya. (*)