Cleansheet, Leno Puji Bek Arsenal

Senin, 02 November 2020

Bernd Leno (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)

RUANGRIAU.COM - Arsenal berhasil benamkan Manchester United (MU) di Old Trafford. The Gunners menang 1-0 lewat gol tunggal Pierre-Emerick Aubameyang.

Di mistar gawang, Bernd Leno, menampilkan ketangguhannya. Leno tampil tenang dengan sejumlah penyelamatan.

Arsenal meraih tiga angka dalam lawatan ke kandang MU di pekan ke-7 Liga Inggris, Minggu (1/11/2020) malam WIB. Gol tunggal dari sepakan 12 pas Aubameyang setelah wasit menunjuk titik putih karena Hector Bellerin dijatuhkan Paul Pogba.

Kemenangan uni adalah yang pertama bagu Arsenal dalam 14 tahun terakhir di markas Setan Merah.

Selain kepada Aubameyang, fan Arsenal juga patut berterima kasih kepada Leno atas kemenangan ini. Kiper asal Jerman tersebut kembali menunjukkan bahwa perannya sangat krusial untuk Arsenal.

Bagi Leno, ini merupakan cleansheet kedua di Liga Inggris dan keempat di semua ajang musim ini.

Dikutip dari Opta, Leno membuat tiga saves di laga kontra MU. Diantara penyelamatan gemilangnya adalah saat menepis sepakan keras Mason Greenwood dengan kakinya di babak pertama.

Leno juga menghindarkan Mohamed Elneny mencetak gol bunuh diri ketika mengantisipasi umpan Donny van de Beek di akhir babak kedua. Leno menghalau bola dengan kepala hingga bola hanya menerpa tiang gawang Arsenal.

Meski penampilannya gemilang, Leno justu memuji barisan bertahan Arsenal atas torehan cleansheet-nya ini. Menurutnya, kemenangan Meriam London ini adalah buah dari kerja kolektif tim.

"Pada akhirnya, ini adalah kuncinya. Permainan kolektif dan performa lini belakang sangat penting malam ini," ujar Leno dikutip dari situs resmi Arsenal.

"Saya rasa kami telah melakukannya dengan baik. Anda sudah dapat melihat bahwa itu jauh lebih mengesankan daripada satu atau dua tahun lalu," tambahnya.

Tak sekadar tangguh di bawah mistar, Leno juga turut andil dalam bangunan serangan Arsenal dengan melakukan 47 umpan dengan persentase akurasi sebesar 76,6 persen. Jumlah umpan Leno di laga ini bahkan lebih banyak dari playmaker MU, Bruno Fernandes (38 umpan).

Menurut data dari situs resmi Liga Inggris, Leno kini menjadi kiper dengan jumlah umpan terbanyak di musim 2020/2021. Ia total telah membuat 257 umpan dari tujuh laga. (*)