Mom, Ini 10 Tips Meredakan Sakit Punggung Saat Menyusui

Kamis, 26 November 2020

Tips Meredakan Sakit Punggung Saat Menyusui/ Foto: iStock

RUANGRIAU.COM - Kelelahan hingga menyebabkan sakit punggung adalah masalah menyusui yang kerap dialami Mom. Jika masalah ini tak diatasi, bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat menyusui.
Kondisi sakit punggung umumnya disebabkan posisi menyusui Mom yang salah. Keadaan ini bisa semakin diperparah dengan waktu menyusui yang tak sebentar dan beberapa kali dalam sehari.

Dilansir Parents, penelitian menunjukkan bahwa menyusui dengan posisi yang sama bisa meningkatkan risiko sakit punggung bawah delapan kali lipat lho, Mom. Bila rasa sakit tidak bisa diatasi, ibu sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

"Saat ibu duduk delapan hingga dua belas kali sehari untuk menyusui, tubuh akan terasa seolah-olah melalui rintangan yang berat," kata Leigh Anne O'Connor, konsultan laktasi di New York City.

Masalah sakit punggung saat menyusui bisa diatasi dengan beberapa hal mudah, Bunda. Mengutip Parenting Firstcry, berikut 10 tipsnya:

1. Perhatikan posisi menyusui
Menyusui bayi dengan posisi duduk adalah salah satu penyebab sakit punggung pada Mom. Untuk menghindarinya, Mom bisa berganti posisi menyusui, misalnya dengan berbaring.

2. Gunakan bantal untuk penopang
Saat menyusui, kebanyakan Mom sering mencondongkan tubuh ke depan sehingga membuat punggung sakit. Bunda bisa mengganjal posisi bayi dengan menggunakan bantal agar lebih dekat ke payudara. Sebagai alternatif, gunakan juga bantal ekstra di punggung Bunda.

3. Gunakan kursi yang tepat
Jenis kursi yang tepat penting bagi Mom yang suka menyusui sambil duduk. Hindari duduk di kursi dengan bantalan yang bisa menyebabkan sakit punggung. Pilihlah kursi yang kokoh dan posisinya tegak.

4. Lakukan pijat relaksasi
Menyusui si kecil tanpa memperdulikan kondisi kesehatan Mom bisa menyebabkan sakit punggung. Untuk mengatasinya, ibu bisa melakukan pijat relaksasi dengan bantuan teman atau keluarga.

5. Mulai berolahraga setelah tubuh pulih
Tubuh Mom membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk pulih setelah melahirkan. Setelah enam minggu, sebaiknya Mom mulai melakukan beberapa latihan ringan untuk mengembalikan bentuk tubuh. Sediakan waktu 10 sampai 15 menit setiap hari dan perlahan-lahan tingkatkan intensitasnya untuk olahraga.

6. Tetap terhidrasi
Jangan lupa minum air putih agar tidak dehidrasi saat menyusui si kecil. Dehidrasi tidak hanya membuat tubuh merasa lelah, tapi juga menyebabkan sakit punggung. Mom menyusui disarankan minum setidaknya 8 hingga 10 gelas per hari.

7. Kompres hangat
Punggung yang sakit dapat dikompres hangat selama kurang lebih 20 menit. Mom perlu lakukan cara ini beberapa kali untuk meredakan sakit saat menyusui.

8. Jangan stres
Menghindari stres penting selama menyusui, Mom. Jika ibu stres dan mulai cemas, segera lakukan aktivitas positif untuk mengatasinya. Salah satunya adalah mendengarkan musik untuk membuat pikiran dan tubuh rileks.

9. Berjalan
Jalan kaki setiap hari selama menyusui bisa memperkuat otot punggung. Luangkan waktu untuk berjalan di luar rumah selama setengah jam. Jika sulit dilakukan, aktivitas ini bisa dilakukan di rumah.

10. Istirahat saat bayi tidur
Mom menyusui harus pintar mencuri waktu untuk istirahat ya. Waktu terbaik yakni saat bayi tidur, Bunda. Cobalah untuk beristirahat agar tubuh rileks dan tidak mengalami masalah seperti sakit punggung. (*)