TK Asy Syakirin Payung Sekaki Meriahkan Gebyar Taman Kanak Kanak 2023

Kamis, 16 Februari 2023

PEKANBARU (RUANGRIAU) - Taman Kanak-Kanak (TK) Asy Syakirin Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru ikut memeriahkan Gebyar Taman-Kanak Kanak 2023 yang dilaksanakan di Pemuda City Walk, Jalan Pemuda, Kamis (16/2/2023) dibuka pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini bertema "Melalui Gebyar TK Kita Tingkatkan Merdeka Belajar dan Berkreativitas untuk Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air Demi Indonesia Cemerlang dan Gemilang. Diikuti sekitar 1.500 peserta didik se-Kecamatan Payung Sekaki, panggung gembira ini dimeriahkan penampilan anak-anak TK yang berada di Payung Sekaki.

Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan tilawatil Quran dari perwakilan peserta didik. Tidak ketingalan, Tari Persembahan Melayu ditampilkan oleh peserta didik dari TK Hidayatullah.

Indriani, perwakilan panitia menyampaikan laporan dari panitia sebelum acara puncak dimulai. Pada kata sambutannya, ia berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan acara Gebyar Taman Kanak-Kanak 2023 ini.

Tema ini diambil, lanjut Indriani, agar para peserta didik dapat meningkatkan kreativitas. Ssehingga, terciptalah karakter cinta tanah air demi Indonesia cemerlang dan gemilang.

"Rangkaian acara ini dimulai sejak tanggal 6 Februari hingga saat ini. Berbagai lomba telah dilaksanakan mulai dari lomba kreatifitas guru, lomba menyanyi anak solo, lomba sambung ayat, lomba lari estafet, hingga lomba membuat kolase anak dan wali kurid yang sedang berlangsung,'' terang Indriani.

Di kesempatan sama, Camat Payung Sekaki Dra Rahma Ningsih mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan saat ini menyambut Hari Anak Nasional. Tumbuh kembang anak tentu saja menjadi peran penting bagi orangtua, serta para peran ibu guru dalam mendidik anak disaat sekolah.

"Tentunya peran serta orangtua utama untuk mengawasi tumbuh kembang anak secara emosional. Juga peran serta para pendidik. Dalam kegiatan ini kita juga melihat anak-anak bisa tidak bekerja sama dengan temannya. Insya Allah anak-anak kita dibawah arahan guru-guru tk Payung Sekaki menjadi anak kreatif dan berkarakter cinta dengan tanah air,'' singkatnya.

Selanjutnya kegiatan ini diisi tari marwas massal, yakni tari kreasi yang diikuti ratusan murid TK se-Payung Sekaki. Tari yang berlagukan musik Melayu mengiringi gerak para peserta didik yang semangat.

Dari TK Asy Syakirin sendiri ada dua kelompok yang terdiri enam peserta didik yang mengikuti tari ini. Pakaian bewarna merah dan kuning menjadi sangat ceria ketika anak-anak ini menari sambil memainkan kompang.

Tak hanya itu saja, TK Asy Syakirin juga membawakan tari kreasi milik lagu Wali dengan judul Hijrah. Bernuansa putih dan biru, para putra putri yang membawaka tari ini mendapat sambutan yang sangat meriah, terutama karena tingkah polah yang menggemaskan dari para penari cilik ini.

Dengan membawakan tari kreasi karya Misnawati sekaligus guru TK Asy Syakirin, secara apik menjadikan kebanggan bagi guru. Terutama orangtua para siswa yang ikut menyaksikan penampilan perdana putra-putri mereka di pentas kecamatan ini.

Tentu rasa bangga dan terharu bercampur di dalam hati mereka terpancar melalui raut muka yang bahagia saat anak-anak bisa menyelesaikan tugas mereka secara sempurna tampil di atas panggung.

Para peserta didik TK Asy Syakirin ini didampingi oleh Kepala Sekolah, yakni Bu Ety dan guru-guru bertalenta lainnya seperti Bu Ami, Bu Lina dan Bu Waty. (*)