Kanal

Hai Mom, Ini Manfaat Labu Siam, dari Kontrol Kolesterol Sampai Sehatkan Jantung

RUANGRIAU - Hai Mom, perlu diketahui labu siam atau dalam bahasa ilmiahnya bernama sechium edule, secara teknis tergolong ke dalam kategori buah-buahan. Namun, dalam konsumsi atau pengolahannya labu siam umumnya diperlakukan seperti sayuran.

Labu siam ini kaya nutrisi dan senyawa antioksidan, sehingga tentu saja, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sana, khususnya dalam kesehatan.

Ansley Hill, RD, LD, ahli diet dan nutrisi, mengatakan antioksidan adalah senyawa yang ditemukan dalam berbagai makanan yang melindungi dari kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan menurunkan stres di dalam tubuh.  

Labu siam ini menyediakan antioksidan quercetin, myricetin, morin, dan kaempferol. Dari sekian banyak antioksidan, myricetin yang jumlahnya tertinggi. Penelitian menunjukkan bahwa myricetin memiliki sifat antikanker, antidiabetes, dan anti-inflamasi yang kuat.

"Selain itu, labu siam adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh Anda," ujar Hill. Dalam sebuah labu siam menawarkan berbagai vitamin, mineral, dan serat esensial.

"Labu siam kaya akan banyak nutrisi,terutama folat (vitamin B9) dan rendah kalori, karbohidrat, serga lemak," kata Hill dilansir Health Line.

Untuk sebuah labu siam (203 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:

Kalori: 39 

Karbohidrat: 9 gram 

Protein: 2 gram 

Lemak: 0 gram 

Serat: 4 gram - 14% dari Reference Daily Intake (RDI) 

Vitamin C: 26% dari RDI 

Vitamin B9 (folat): 47% dari RDI Vitamin K: 10% dari RDI 

Vitamin B6: 8% dari RDI 

Mangan: 19% dari RDI 

Tembaga: 12% dari RDI 

Seng: 10% dari RDI 

Kalium: 7% dari RDI 

Magnesium: 6% dari RDI

Dilansir Web MD, semua bagian labu bisa dimakan, termasuk bijinya, kulitnya, dan bunganya. Untuk Mom ketahui, ini beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan;

1. Meningkatkan kesehatan hati
Labu siam mengandung senyawa yang melindungi hati dari penumpukan lemak. Penelitian telah menemukan labu siam dapat membantu mengurangi timbunan asam lemak di hati dan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, labu siam dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan kemampuan memproses lemak.

2. Kesehatan jantung
Para peneliti menemukan bahwa fitokimia dalam labu siam dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi tingkat tekanan darah, sehingga bisa untuk mengobati penyakit jantung.  

Labu siam juga kaya akan antioksidan, termasuk myricetin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi peradangan, dan melindungi dari radikal bebas hingga mengurangi risiko terserang penyakit tertentu seperti penyakit jantung dan kanker. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER