Kanal

Halal Bihalal PADAN Riau dan DPP LSM Peduli SDM Riau Dihadiri Pewaris Sultan Siak XIII

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Acara Halal Bihalal Pasukan Dewan Adat (PADAN) Provinsi Riau bekerjasama dengan DPP LSM Peduli SDM Provinsi Riau,  Rabu (11/5/2022) sangat istimewa. Karena dalam acara tersebut dihadiri langsung Pewaris Kesultanan Siak XIII Indrapura Sultan Syarif Assayidis Tengku Nazir.

Dalam acara itu  Datuk Khairuddin Al Young Riau, menyampaikan tujuan acara ini selain silaturahmi, halal bihalal, juga membangkitkan batang terendam, yang mana dalam sejarah Kerajaan Siak Sri Indrapura, berperan penting dalam Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Alhamdulillah, agenda halal bi halal dan doa hari raya Idul Fitri 1443 H, dengan tiga organisasi ini telah selesai dilaksanakan dengan hikmah, serta saling bermaafan, "ucapnya.

Kemudian berkaitan akan dilaksanakannya Penabalan Sultan Siak Ke-XIII dalam waktu dekat ini, mari kita doakan semoga sukses dalam lindungan dan ridho Allah SWT.

Karena acara Penabalan Kesultanan Siak Sri Indrapura yang akan ditabalkan dalam waktu dekat nanti yang di inisiasi oleh Lembaga Adat Kesultanan Siak Sri Indrapura

" Jadi dengan agenda Halal Bihalal lebaran Idul Fitri 1443 H/ 2022 M, untuk itu Pasukan Dewan Adat (PADAN) Provinsi Riau bekerjasama dan DPP LSM Peduli SDM Provinsi Riau mempererat silahturahmi agar terus terjaga, " ujarnya.

Sedangkan Wakil Panglima Padan Riau Datuk Ridwan Latief  menambahkan, dirinya berharap dengan penabalan kedepan ini nantinya Kesultanan Siak Sri Indrapura diakui Negara dan Pemerintah Indonesia.

Karena sudah sangat jelas bahwa fakta sejarah Sultan Siak Ke-XII Sultan Syarif Kasim II dikenal sebagai Penasehat Presiden Soekarno yang menghibahkan 13 juta gulden.

"  Dan hibah yang diberikan itu serta lainnya guna mendukung usaha Kemerdekaan Indonesia, " ungkapnya sembari menyampaikan begitu juga dukungan dari para Raja dan Sultan Nusantara saat itu melalui LN PKRI yang langsung diketuai Ir. Soekarno sejak awal Indonesia Merdeka. Dan kita sebagaimana diungkapkan Presiden Soekarno 'Jas Merah' Jangan lupakan Sejarah.

Sebelumnya Ketua Panitia Datuk Razali, menyampaikan bahwa kegiatan halal bihalal yang dilaksanakan ini secara dadakan, namun tetap berjalan sukses.

" Saya sangat bertrimakasih dengan semagat team yang ada. Karena meski dadakan acara dapat berjalan baik dan bahkan yang hadir tokoh tokoh penting dalam acara ini, " ungkapnya sembari meminta maaf jika ada yang kurang dalam pelayanan.

Untuk diketahui dalam acara tersebut dihadiri langsung Pewaris Kesultanan Siak XIII Indrapura Sultan Syarif Assayidis Tengku Nazir, Wakil Panglima Padan Provinsi Riau Datuk Ridwan Latief, Ketum DPP. LSM Peduli SDM Provinsi Riau Datuk Khairuddin Al-Young Riau, Unsur Batin Tenayan Pekanbaru Datuk M Ujang Linun, Datuk Panglima Mukhtar Rupat Utara unsur IKB KD50 KSSI, tokoh penting Lembaga Adat Kesultanan Siak Indrapura, serta tokoh adat, tokoh pemuda dan unsur mahasiswa Riau.

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER