Kanal

Hari Internet Aman Sedunia 2023: Bagaimana Cara Peringatinya?

JAKARTA (RUANGRIAU) - Tahukah kamu Hari Internet Aman Sedunia? Safer Internet Day atau Hari Internet Aman Sedunia merupakan peringatan hari internasional di bulan Februari tentang pentingnya kesehatan dan keamanan demi penggunaan internet yang lebih baik.

Lantas kapan Hari Internet Aman Sedunia 2023? Apa tema peringatan Hari Internet Aman Sedunia 2023? Dan bagaimana cara merayakan peringatan Hari Internet Aman Sedunia 2023? Simak serba-serbinya berikut ini.

Apa itu Hari Internet Aman Sedunia?
World Safer Internet Day atau Hari Internet Aman Sedunia adalah hari yang diperingati secara internasional atau di seluruh dunia dalam rangka menciptakan internet yang sehat dan aman bagi para penggunanya. Peringatan ini penting sebagai bentuk peningkatan kualitas penggunaan internet yang lebih baik.

Kapan Hari Internet Aman Sedunia? Peringatan Hari Internet Aman Sedunia diperingati pada hari Selasa pekan kedua di bulan Februari setiap tahunnya. Untuk tahun ini, peringatan Hari Internet Aman Sedunia 2023 jatuh pada tanggal 7 Februari 2023.

Sejarah Hari Internet Aman Sedunia
Melansir situs resminya, sejarah Hari Internet Aman Sedunia bermula dari inisiasi proyek Safe Borders UE pada tahun 2004 dan diambil oleh jaringan Insafe sebagai salah satu tindakan paling awal pada tahun 2005. Safer Internet Day atau Hari Internet Aman Sedunia telah berkembang dan kini dirayakan di ratusan negara dan wilayah di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Tujuan diperingatinya Safer Internet Day atau Hari Internet Aman Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu online yang muncul dan menjadi kekhawatiran masyarakat saat ini. Seperti mulai dari cyberbullying hingga jejaring sosial juga identitas digital.

Tema Hari Internet Aman Sedunia 2023

Hari Internet Aman Sedunia tahun 2023 diperingati pada tanggal 7 Februari 2023, hari Selasa. Melansir situs resminya, Safer Internet Center mengusung Tema Hari Internet Aman Sedunia 2023 adalah 'Want to talk about it? Making space for conversations about life online' artinya 'Mau ngobrol? Memberi ruang untuk percakapan tentang kehidupan online'.

Bersama tema tersebut, kamu juga bisa menggunakan slogan 'Together for a better internet' artinya 'Bersama untuk internet yang lebih baik' dan membagikannya di media sosial masing-masing. Meriahkan pula dengan pilihan tagar berikut:

#SafeInternetDay2023
#HariInternetAmanSedunia2023
#SID2023

Slogan Hari Internet Aman Sedunia 2023 'Bersama untuk internet yang lebih baik' ini mendorong semua orang untuk bergabung dengan gerakan ini, untuk berpartisipasi, dan memanfaatkan potensi internet untuk menyatukan orang. Dengan pendekatan global yang dipimpin komunitas, Safer Internet Day mendorong semua orang untuk berkumpul dan memainkan peran masing-masing.

Cara Memperingati Hari Internet Aman Sedunia 2023

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk turut serta menyemarakkan atau memeriahkan perayaan Hari Internet Aman Sedunia 2023 pada tanggal 7 Februari 2023. Berikut ini beberapa rekomendasi hal yang bisa kamu lakukan:

Mengedukasi diri dan orang lain akan pentingnya menggunakan internet dengan baik dan bijak

Membagikan informasi tentang Hari Internet Aman Sedunia 2023 di media sosial masing-masing

Berpartisipasi dalam berbagai acara atau kegiatan dengan tema Hari Internet Aman Sedunia 2023

Memasang twibbon Hari Internet Aman Sedunia 2023 dengan ucapan Selamat Hari Internet Aman Sedunia 2023. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER