Kanal

Bagaimana Cara Hindari Lecat pada Kaki saat Menggunakan Sepatu?

RUANGRIAU.COM - Kaki yang lecet biasanya menimbulkan luka yang perih dan membuat kamu tidak nyaman beraktivitas. Tenang, lecet merupakan permasalahan umum yang biasanya terjadi saat kita baru menggunakan sepatu baru, tetapi biasanya lama-kelamaan akan lebih beradaptasi dan jadi lebih nyaman untuk digunakan.

Namun, sambil membiasakan diri menggunakan sepatu yang baru, bagaimana cara hindari kaki lecet? Berikut ini tips hindari lecet pada kaki saat menggunakan sepatu baru!

1. Pilihlah Sepatu yang Tepat

Beauties, tahu nggak sih ternyata pemilihan sepatu bisa berdampak pada kesehatan kaki, lho. Dilansir dari Health.com seorang ahli penyakit kaki Hillary Brenner, DPM mengatakan "Tidak mengenakan sepatu yang nyaman atau supportif dapat berdampak langsung pada tubuh kita, hal ini bisa menyebabkan lepuh, kapalan, kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam, dan pembengkakan (yang dapat mempengaruhi sirkulisasi), selain itu dapat menyebabkan rentan terhadap keseleo pergelangan kaki."

Dari banyaknya jenis sepatu pilihlah sepatu yang sesuai dengan kebutuhan, pilihlah sepatu dengan bahan yang nyaman digunakan, sebelum membeli sebaiknya kamu mencoba terlebih dahulu, agar kamu bisa mengetahui apakah sepatu tersebut nyaman dan sesuai, lalu pilihlah ukuran yang tepat. Sepatu yang tepat memiliki ukuran tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar, tujuannya untuk menghindari lecet pada kaki.

2. Pilihlah Juga Kaus Kaki yang Tepat

Mengenakan kaus kaki juga merupakan salah satu cara untuk menghindari lecet di kaki saat memakai sepatu baru, namun perlu kamu ketahui bahwa kaus kaki juga memiliki beberapa ukuran dan jenis.

Pemilihan kaus kaki bisa dibedakan melalui bahan, ukuran hingga ketebalan. Dilansir dari Neufoot.com pilihlah kaus kaki yang terbuat dari poliester, nilon, dan spandeks. Untuk ukuran, pilih ukuran yang pas, tidak ketat dan memiliki penyangga lengkung khusus untuk menghindari lecet. Yang terpenting pilihlah kaus kaki yang tidak menimbulkan keringat berlebih saat kamu gunakan. Semakin banyak keringat yang dihasilkan akan memicu lembap dan lecet.

3. Gunakan Deodoran

Untuk kamu yang memang mudah berkeringat pada bagian kaki, kamu bisa coba untuk menggunakan deodoran. Dikutip dari Abcnews, deodoran akan membantu mencegah lecet, deodoran berbentuk stick ini akan mengurangi gesekan. Perlu diketahui bahwa kaki yang berkeringat akan memicu lecet jika gesekan terjadi terus-menerus. Kamu bisa oleskan deodoran pada bagian kaki yang sering terkena gesekan.

4. Gunakan Plester

Bahan sepatu baru yang biasanya masih kaku dan keras kemungkinan menimbulkan lecet pada kaki. Untuk menghindari hal ini kamu bisa menggunakan plester untuk mencegah lecet. dikutip dari safeandsoundhealth.co.uk, penggunaan plester bisa memberikan bantalan untuk membantu mencegah pembentukan lepuh.

Plester bisa kamu gunakan dengan cara menempelkan pada area kaki yang kemungkinan terkena gesekan untuk menghindari terjadinya lecet.

Nah Beauties yuk mulai menjaga kesehatan kaki, salah satunya dengan menghindari lecet pada kaki. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER