Kanal

Tidak Egois

MANCHESTER (RUANGRIAU.COM) - Erling Haaland bisa saja mencetak hat-trick saat Manchester City menghajar Manchester United 3-0. Namun, Haaland memilih mengumpan kepada Phil Foden untuk gol ketiga. 

Manajer Pep Guardiola pun menyanjung bomber Norwegia tersebut. 

Haaland menjadi bintang dalam laga yang berlangsung di Old Trafford, Minggu (29/10/2023) tersebut. Usai mencetak gol penalti di babak pertama, ia mencatat brace di awal babak kedua lewat sundulan akurat yang menuntaskan umpan silang Bernardo Silva. 

Haaland punya dua kesempatan mencetak hat-trick setelahnya. Pertama saat tembakannya diblok Andre Onana dalam duel satu lawan satu pada menit ke-71, dan kedua saat Man City mencetak gol ketiga pada menit ke-80. 

Khusus yang terakhir, sebetulnya ia memiliki kans mencetak gol usai menyambut bola liar di kotak penalti hasil tembakan Rodri yang ditepis Onana, namun ia melihat Foden berada di posisi lebih enak untuk mencetak gol. Ia pun memutuskan mengoper. 

Hasilnya, Foden dengan mudah menceploskan bola ke gawang MU. Skor 3-0 menutup derby Manchester yang berat sebelah ini, dan Guardiola menyanjung striker andalannya yang lebih mengutamakan tim daripada rekor pribadi. 

"Itu menunjukkan betapa murah hatinya dia. Dia ingin mencetak banyak gol, namun jika ada kans mengumpan maka dia akan melakukannya dan itulah yang terjadi," ujar Guardiola kepada BBC Radio 5 Live usai laga. 

"Erling juga memiliki peluang emas di akhir babak pertama yang berhasil digagalkan dengan gemilang oleh Onana. Mereka memiliki satu peluang bagus lewat McTominay dan Ederson sukses menghalaunya, namun setelah gol kedua kami lebih unggul," jelas pelatih asal Spanyol tersebut. 

Meski gagal mencetak hat-trick, Haaland tetap berada di puncak daftar pencetak gol sementara Liga Inggris musim ini dengan 11 gol, unggul tiga gol dari Mohamed Salah (Liverpool) dan Son Heung-min (Tottenham Hotspur). 

Kemenangan ini juga menjaga posisi Man City tak jauh dari Tottenham yang berada di puncak. Spurs memiliki 26 poin dari 10 laga, sedangkan The Citizens terpaut dua poin di belakang. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER