Kanal

Muflihun: Pokoknya, 2024 Sampah Bersih!

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Lelang operator angkutan sampah masih berproses. Kelak, bagi pihak ketiga yang menjadi mitra pengangkutan sampah harus memahami isi kontrak. 

"Kita minta tahun 2024 itu sampah bersih. Kita tidak peduli lagi sama tonase, mau empat ton, mau 10 ton, pokoknya bersih!," tegas Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun. 

Ia mengingatkan, calon operator angkutan sampah harus mempelajari terlebih dahulu kontrak yang ada. Operator harus memastikan tidak ada sampah yang tidak terangkut. 

Kemudian, kepada masyarakat, Muflihun juga mengimbau untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Apalagi saat ini masih musim hujan, sehingga harus dicegah terjadinya genangan. 

"Jangan biarkan ada genangan di sekitar rumah, nanti kita khawatir ada DBD," ucapnya. 

Pj Wali Kota mengajak masyarakat untuk rutin menggelar gotong royong di sekitar lingkungan rumahnya. Mereka bisa mencegah banjir dengan membersihkan parit sekitar rumah. 

"Jadi dengan kerjasama masyarakat, tentu permasalahan sampah bisa diatasi," jelasnya. 

Ada beberapa penyempurnaan dalam kontrak kerjasama dengan operator angkutan sampah. Kontrak kerjasama itu tidak cuma berbasis tonase tapi juga berbasis prestasi. 

Ada zona tertentu yang penilaiannya diterapkan berbasis prestasi. Nantinya ada sejumlah ruas jalan yang ditetapkan punya limit waktu menuntaskan tumpukan sampah di sana. 

"Kepada pihak ketiga ada limit waktu untuk menyelesaikan, apabila tidak diselesaikan tentu ada semacam punishment," terang Plt Kepala DLHK Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. 

Ingot menyampaikan, bentuk punishment nanti akan diberitahu setelah kontraknya rampung. Pihaknya juga mengevaluasi kontrak yang sudah ada dengan memperbaiki kelemahan di kontrak sebelumnya. 

Dirinya menegaskan bahwa kontrak dengan pihak ketiga untuk zona I dan zona II adalah kontak bersih. Ia mengaku sudah ada arahan langsung dari Pj Wali Kota Pekanbaru agar optimalkan pengakutan sampah tahun depan. 

Dua operator yang bekerjasama dengan pemerintah kota saat ini yaitu PT. Ella Pratama Perkasa dan PT. Samhana Indah. Mereka mengelola pengakutan sampah di Zona I dan Zona II. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER