Kanal

Sertijab Penghulu Teluk Piyai, Pengulu Baru: Momen Ini Sudah Lama Saya Nantikan

KUBU (RUANGRUAU.COM) - Pemerintah Kepenghuluan Teluk Piyai, Kecamatan Kubu, Kabupaten  Rokan Hilir (Rohil) menggelar serah terima jabatan (Sertijab) antara mantan Pjs Datin Penghulu Teluk Piyai, Lailatul Mardiah SPd kepada Penghulu Teluk Piyai yang baru, Hariyo Wibowo, Senin (15/1/2024) di halaman kantor Penghulu Teluk Piyai. 

Turut hadir Camat Kubu Syafrizal, mantan Pjs Datin Penghulu Teluk Piyai, Lailatul Mardiah, Penghulu Teluk Piyai Hariyo Wibowo, Babinsa, Bhabinkamtibmas, ketua BPKep dan anggota, ketua RT, RW, kepala Dusun, drektur BUMKep, dan para staf kantor. 

Suasana Sertijab dipenuhi dengan rasa haru. Bertapa tidak, mantan Pjs Datin Penghulu Teluk Piyai, Lailatul Mardiah lima tahun menjabat memimpin roda pemerintah desa Teluk Piyai, waktu lima tahun bukan waktu singkat, tentu banyak kenangan yang sudah terukir. 

Camat Kubu Syafrizal menyampaikan kepada warga dan semua komponen yang ada di Kepenghuluan Teluk Piyai agar menggunakan hak pilih dalam pemilu pada tanggal 14 Februari 2024. 

"Kami dari pemerintahan Kecamatan Kubu, menghimbau kepada masyarakat agar tidak golput, beda pilihan itu biasa, tapi gunakan hak pilih baik pemilihan DPRD Kabupaten, DPR Provinsi Riau, DPR RI, DPD dan Presiden dan Wakil Presiden," ujarnya. 

Sementara, kepada Datuk Penghulu Teluk Piyai yang baru masa periode 2023-2029, Hariyo Wibowo agar banyak mempelajari Permendagri, Permendes dan Perbub serta selalu berkoordinasi dengan dengan Pemeirntah Kecamatan dan Pemeirntah Kabupaten  (Pemkab) Rohil. 

"Pelajari Undang-Undang Desa. Sebab, Pengulu tidak bisa sewenang wenang karena aturan itu banyak perubah rubahan, dan harus saling berkoordinasi dengan pemerintahan kecamatan dan kabupaten," ujarnya. 

Menurut Camat, setelah diletakan tanda jabatan kepada Datuk Penghulu, itu sebagai pamong dilingkungan desa, jalankan kinerja dengan sebaik baiknya  dalam melayani masyarakat, sikapi setiap persoalan yang ada di desa dengan arif dan bijaksana. 

"Kita minta kepada masyarakat, tokoh masyarakat dan semua elemen masyarakat agar memperkuat semangat gotong royong, saya yakin dan percaya dibawah pimpinan Penghulu Teluk Piyai yang baru, Kepenghuluan  Teluk Piyai bisa dengan baik," pujinya. 

Camat mengucapkan terimakasih kepada mantan Pjs Datin Penghulu Teluk Piyai, Lailatul Mardiah yang sudah mengabdikan diri menjalankan roda pemerintahan Kepenghuluan Teluk Piyai. 

"Selamat bekerja kepada Datuk Penghulu Teluk Piyai, Hariyo Wibowo, jalankan amanah ini dengan sebaik baiknya, kepada semua prangkat Kepenghuluan dan masyarakat  bantu tugas tugas Datuk Penghulu yang baru agar desa ini lebih maju lagi," pintanya. 

Sementara itu, Datuk Penghulu Teluk Piyai, Hariyo Wibowo mengatakan, sertijab tersebut sudah sangat lama sekali ditunggu-tunggu sejak dilantik, Bupati Rohil Afrizal Sintong pada 26 Desember 2023. 

"Sejak dilantik, saya tidak ada berkoordinasi dengan pak Babinsa, Bhabinkamtibmas, ketua RT, RW dan Kepala Dusun, itu karena belum Sertijab, mungkin ada hal-hal yang lain belum dituntaskan makanya mungkin baru hari ini (Senin, red) dilaksanakan, ini hari yang bersejarah bagi saya, maklum sudah hampir satu tahun saya menunggu," guraunya sambil disambut tepuk tangan para tamu undangan. 

Terpisah, mantan Pjs Datin Penghulu Teluk Piyai, Lailatul Mardiah SPd menyampaikan ucapan terimakasih kepada, BPKep, staf kantor Kepenghuluan, ketua RT, RW, Kepala Dusun, Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang sudah bekerjasama membantu dirinya selama lima tahun menjabat sebagai Datin Penghulu di Teluk Piyai. 

"Kepada masyarakat, saya merasa selama saya menjabat, banyak kekurangan, dari itu saya mohon maaf, kita berpisah hanya sebatas dinas saja, dan jiwa masyarakat dan prangkat ingin berkoordinasi dengan saya, pintu rumah saya selalu terbuka, intinya saya cinta dengan Kepengbuluan Teluk Piyai ini," pungkasnya. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER